Kontroversi Diselipkannya Lagu Presiden SBY Dalam Soal Tes CPNS

Berita adanya soal tentang lagu presiden SBY dalam lembar tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Perdagangan jadi kontroversi. Dalam soal test CPNS tersebut, terdapat pertanyaan tentang lagu ciptaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Bunyi pertanyaannya adalah : "Mana lagu di bawah ini yang merupakan salah satu lagu dalam album ketiga Presiden SBY?". Tes CPNS Kemendag digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada Selasa tanggal 12 Oktober 2010. Tes dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.
Ketika dikonfirmasi, pihak Kemendag mengaku, soal tersebut hanya bersifat pengetahuan umum. Kepala Humas Kementerian Perdagangan, Robert Bintaryo mengatakan, penyusunan soal dalam lembar pertanyaan tes CPNS sudah dilakukan oleh tim kepegawaian. Lagu ciptaan SBY, dianggap sebagai pengetahuan umum yang dinilai layak masuk pertanyaan tes CPNS. “Karena jumlah yang mendaftar banyak sementara formasi yang dibutuhkan sedikit, maka kementerian memperketat penyeleksian untuk menyaring CPNS,” jelasnya.
Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring mengaku belum mendengar kabar mengenai lagu ciptaan Presiden SBY dijadikan salah satu soal dalam tes CPNS di Kementerian perdagangan RI. Tifatul mengaku, dalam tes CPNS di Kemenkominfo, biasanya soal-soal tes CPNS dibuat melalui kerjasama dengan salah satu universitas. ”Saya cek dulu. belum update. apakah betul seperti itu, lagu yang mana. Sebetulnya pihak istana juga tidak menginginkan hal seperti itu dijadikan sebagai soal-soal dalam tes CPNS. saya update dulu. belum begitu paham masalahnya,” jelasnya.
Pihak Istana Presiden sudah mendengar adanya materi pertanyaan lagu ciptaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam soal tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Perdagangan. Pembuatan soal itu dinyatakan tak ada kaitannya dengan Istana. "Yang jelas, soal CPNS itu ada tim perumusnya. Coba tanyakan kepada tim perumus," kata Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, Rabu 13 Oktober 2010.
Adanya soal tes lagu SBY itu diketahui saat digelar tes CPNS Kementerian Perdagangan Selasa kemarin. Soal tes CPNS Kemendag yang didalamnya terdapat pertanyaan tentang lagu presiden SBY itu ada pada lembar kode 11-01 di nomor 30 sampai 40.
Menurut Julian, Istana sama sekali tidak mencampuri teknis penerimaan CPNS apalagi sampai pembuatan soal tes. "Yang jelas tidak ada hubungannya," dia menegaskan. Julian menyatakan Presiden sudah mendengar kabar tentang ini. "Sudah mendengar dan ini tidak ada kaitan langsung dengan perintah Presiden."
Sebelumnya, lagu SBY juga pernah disorot sebagian kalangan. Saat upacara Kemerdekaan RI 17 Agustus 2010 di Istana Kepresidenan, salah satu lagu karangan Presiden berjudul "Mentari Bersinar" turut dinyanyikan Paduan Suara Gita Bahana Nusantara, setelah bendera Merah-Putih dikibarkan.
editor:Opung;sumber:TVOne,VivaNews;foto:tribunnews

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra