Gempa dan Tsunami Terbesar Terjadi di Jepang

Jepang dilanda Tsunami!. Berita mengejutkan datang dari negara pencipta teknoligi, Jepang. Gempa bumi dengan kekuatan 8,8 SR (Skala Ritcher) disertai badai tsunami setinggi 6 meter baru saja menghancurkan kota Honshu, Jepang pada hari Jumat ini, tanggal 11 Maret 2011. Sebelumnya Jepang juga diguncang gempa dengan kekuatan 7,9 SR. Namun tidak menyebabkan gelombang tsunami. Gambar di samping adalah foto saat kejadian gempa dan tsunami di kota Honshu, Jepang berlangsung. Gempa yang disertai tsunami di Jepang ini menghantam banyak kendaraan dan sejumlah bangunan di pesisir timur laut Jepang, yang dekat dengan episentrum. Rumah-rumah serta kawasan pertanian pun ikut hanyut. Tsunami kali ini adalah tsunami yang terbesar di Jepang sejak 140 tahun lalu.
Menurut kantor berita Associated Press, gempa mulai terasa pada pukul 14.46 waktu setempat. Sekitar 30 menit kemudian, terjadi gempa susulan berkekuatan 7,4 SR. Badan Survei Geologi AS menilai bahwa gempa pertama berkekuatan 8,8 SR. Badan Meteorologi Jepang kemudian mengeluarkan peringatan tsunami di seluruh pesisir timur Jepang, yang menghadapi Samudera Pasifik. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii menyatakan bahwa peringatan tsunami juga berlaku di Rusia, Pulau Marcus, Kepulauan Marshall dan Kepulauan Mariana.
Selain itu, peringatan waspada tsunami ini juga dikeluarkan untuk Guam, Taiwan, Filipina, Indonesia, Papua Nugini, Nauru, Micronesia, dan negara bagian Hawaii, AS. The Pacific Tsunami Warning Center di Hawaii seperti dilansir Reuters, Jumat (11/3/2011) menyatakan Indonesia sebagai salah satu negara yang diminta ekstra waspada. Kemungkinan gelombang besar akibat gempa bumi di Jepang bisa terjadi di Tanah Air ini. BMKG memperkirakan tsunami akan terjadi di Indonesia bagian timur hari ini, tepatnya di Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Papua pada Jumat ini, tanggal 11 Maret 2011 pukul 18.00 WIB.
"Gempa ini memiliki potensi untuk menimbulkan gelombang tsunami yang bisa menyerang garis pantai di dekat pusat gempa dalam hitungan menit dan garis pantai yang lebih jauh dalam hitungan jam," demikian dijelaskan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik seperti dilansir dari straitstimes.com, Jumat (11/3/2011) siang.
Otoritas penanggulangan bencana di Jepang masih belum bisa melansir dampak kerugian maupun korban akibat gempa dan badai tsunami yang terjadi di Jepang ini. Televisi NHK melaporkan mobil-mobil diombang-ambing air laut yang menyapu ke daratan. Masih belum bisa dipastikan berapa jumlah korban dari musibah gempa dan Tsunami di Jepang ini. Sementara itu Pemerintah Indonesia masih terus mencari data jumlah korban warga negara Indonesia (WNI) akibat gempa dan tsunami di Jepang. Diperkirakan ada sejumlah 20 ribu WNI yang ada di Jepang.
(Opung);foto:kaskus

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra