Biografi Taylor Swift

Taylor Alison Swift (lahir 13 Desember 1989; umur 21 tahun, Dia adalah putri dari Andrea Gardner (née Finlay), ibu rumah tangga, dan Scott Kingsley Swift, pialang saham. Nenek dari ibunya, Majorie Finlay, adalah seorang penyanyi opera. Swift memiliki saudara yang lebih muda, Austin. Darah seninya mengalir dari neneknya yang seorang penyanyi opera. Taylor Swift juga mengidolakan penyanyi Shania Twain dan menjadikannya panutan dalam bernyanyi. Merupakan seorang penyanyi-penulis lagu bergenre musik Country dan aktris berkebangsaan Amerika Serikat. Swift paling dikenal oleh media karena rambut curly emasnya dan mata kucingnya yang berwarna biru.



Taylor Swift gemar bernyanyi sejak kecil. Pada usia 3 tahun ia pernah bernyanyi di hadapan sekumpulan wisatawan ketika bertamasya dengan kedua orang tuanya. Ketika Swift di kelas empat, dia memenangkan kontes puisi nasional dengan sebuah puisi sepanjang tiga halaman berjudul "Monster in My Closet". Pada usia sepuluh., Seorang tukang reparasi komputer menunjukkan dia cara bermain tiga chords pada gitar, yang kemudian memicu minatnya dalam belajar instrumen. Setelah itu, Swift menulis lagu pertamanya, "Lucky You" Dia mulai menulis lagu secara teratur dan hal itu digunakannya sebagai tempat untuk membantunya dengan rasa sakit dia dari ketidaknyamanannya di sekolah..



Dia adalah seorang korban bullying, dan sering menulis lagu untuk mengungkapkan emosinya. Dia juga mulai tampil di kontes karaoke, festival, dan pameran di sekitar kota kelahirannya.. Ketika Swift berusia 12, dia mencurahkan seluruh musim panas untuk menulis sebuah novel 350 halaman, yang tidak diterbitkan. Pertunjukan pertama utama-nya kinerja yang baik diterima di Fair Bloomsburg. Taylor Swift juga seorang penulis lagu yang handal. Sebagai inspirasi menulis, Taylor mengaku kerap menuangkan berbagai macam tema mulai dari masalah pribadi yang dialaminya hingga hal-hal menarik lainnya. Bagi Taylor, menulis dan menciptakan lagu merupakan sarananya untuk menghilangkan stres. Taylor adalah korban bullying semasa bersekolah, jadi menulis lirik merupakan strateginya untuk menuangkan semua kekesalan dan kesedihan yang ada di kepalanya kala itu.





Keluarganya mendukung penuh keinginan Taylor Swift untuk berkarir di dunia seni suara. Pada tahun 2005, mereka pindah dan menetap di Nashville. Pada saat itu juga Taylor Swift berhasil memukau sejumlah label lokal dengan lagu-lagunya. Pada tahun 2006, ia merilis debut single "Tim McGraw", kemudian debut self-titled album nya, yang mendapatkan penghargaan multi-platinum oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika dan dinominasikan untuk penghargaan Best New Artist di Grammy Awards ke-50. Pada bulan November 2008, Swift merilis album kedua, Fearless, dan membawa Swift meraih empat Grammy Awards, termasuk Album of the Year, di Grammy Awards 52. Fearless dan Taylor Swift sampai pada tahun 2008 masing-masing berada di urutan nomor tiga dan nomor-enam, dengan penjualan sebesar 2,1 dan 1,5 juta. Fearless menduduki puncak Billboard 200 selama 11 minggu non-berturut-turut



Akhirnya pada tahun 2006, Taylor Swift mendapat kesempatan untuk unjuk penampilan di kancah musik setelah merilis single berjudul “Tim McGraw”. Single tersebut cukup sukses mengangkat namanya kala itu. Tak berapa lama, album pertamanya bertajuk Taylor Swift beredar. Album ini dapat terjual hingga 61.000 kopi pada minggu pertamanya. Tak berapa lama setelahnya, album ini menjadi juara di tangga lagu Billboard Top Country. Lagu-lagu dalam album ini ditulis sendiri seluruhnya olehnya.



Pada tahun 2007, Taylor Swift kembali merilis album bertajuk Sounds Of The Season, namun album tersebut tak berhasil di pasaran. Namun bukan Taylor Swift bila menyerah begitu saja. Pada musim panas tahun 2008, ia kembali merilis album Fearless, yang sukses besar. Album ini terjual sebanyak 330 ribu keping dalam minggu kedua setelah dirilis. Album tersebut berhasil membuatnya meraih penghargaan di ajang Grammy diantaranya untuk kategori Album of the Year dan Best Country Album. Kesuksesan di dunia musik membuka jalan bagi Taylor Swift untuk merambah dunia akting. Tercatat beberapa judul film pernah dibintanginya, antara lain Valentine dan Hannah Montana : The Movie. Pada tahun 2008, ia mendapatkan ijazah SMAnya, Dia lulus dari sekolah tinggi pada Juli 2008 dari Akademi Harun, Sekolah Kristen SMA di Hendersonville, Tennessee.'





Kesuksesan Taylor Swift tersebut ternyata tak selamanya berbuah positif. Ia kerap dicibir oleh sesama rekannya yang lebih senior. Kejadian paling frontal adalah pada saat penghargaan MTV VMA 2009 lalu. Saat itu Taylor memenangkan penghargaan kategori Best Video Clip untuk lagu “You Belong With Me”. Pada saat berpidato kemenangan, tiba-tiba penyanyi rap senior Kanye West naik ke panggung dan ‘menghujat’ Taylor Swift. Kanye berkata bahwa Taylor tidak pantas memenangkan penghargaan tersebut, yang menurutnya lebih pantas diberikan kepada Beyonce Knowles dengan video “Single Ladies (Put a Ring on It). Taylor mengaku sangat kaget dan kecewa dengan perlakuan tersebut, namun ia menerimanya dengan hati terbuka. Beberapa lama kemudian, Kanye West secara langsung mendatangi Taylor Swift untuk meminta maaf atas kelakuannya.



Swift kemudian merilis album keduanya, Fearless pada November 2008 dan langsung sangat sukses. Pada awal pembukaannya, album tersebut terjual sebanyak 592,300 kopi, merupakan jumlah terbanyak untuk seluruh artis wanita pada tahun 2008. Hanya dalam dua bulan, album tersebut sukses terjual 2,2 juta kopi. Album tersebut juga terdaftar dalam peringkat 1 untuk Billboard 200 selama 11 minggu tidak berurutan dan juga peringkat 1 untuk Billboard Hot Country Albums untuk 35 minggu tidak berurutan. Empat singel dirilis sebagai singel promosi dari Fearless, dan keempatnya mendapatkan sambutan yang sangat meriah. Singel tersebut adalah "Change", "Fearless", "You're Not Sorry", dan "You Belong with Me", yang langsung masuk ke peringkat 10, 9, 11, dan 12, berurutan. Swift adalah artis pertama yang mampu melakukan hal ini.



Pada Februari 2010, ia mendapatkan 8 nominasi Grammy Awards dan mendapatkan 4 diantaranya, antara lain Album of the Year dan Best Country Album untuk Fearless, serta Best Female Country Vocal Performance dan Best Country Song untuk "White Horse". Ia juga dinominasikan sebagai Best New Artist tahun 2008 lalu (lolos pada Amy Winehouse), dan dinominasikan untuk 4 kategori lain, yaitu Record of the Year, Song of the Year, dan Best Female Pop Vocal Performance untuk "You Belong with Me" dan Best Pop Collaborations with Vocal untuk "Breathe", bersama Colbie Caillat.


Swift lalu muncul dalam film Valentine's Day, dan menyanyikan lagu utama dalam soundtracknya, yang berjudul "Today Was a Fairytale". Reaksi lagu ini sangat dahsyat, dan dalam seminggu lagu ini telah terjual 325.000 kopi, dan langsung mendapatkan posisi 2 di Billboard Hot 100. Mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Britney Spears dan lagunya "Womanizer" yang terjual 280.000 kopi pada minggu pertamanya.



Di luar musik, Taylor Swift adalah pribadi yang lembut dan bersahaja. ia pernah menjalin cinta dengan beberapa selebriti, di antaranya Joe Jonas dan Taylor Lautner. Hubungannya dengan Joe Jonas berakhir ‘tragis’ saat Joe memutuskannya via telepon. Taylor mengabadikan kejadian tersebut lewat sebuah lagu berjudul ‘Forever and Always’ yang menjadi salah satu lagu dalam album ‘Fearless‘.





Biodata / Profile Taylor Swiff

Nama lengkap : Taylor Alison Swift

Nama beken : Taylor Swift

Tempat / Tanggal lahir : Wyomissing, Pennsylvania, AS / 13 Desember 1989

Hobi : Menyanyi, menulis lirik dan puisi

Tinggi badan : 5' 11" (1.80 m)



Filmography :

Actress:

- Valentine's Day (2010) .... Felicia

- "CSI: Crime Scene Investigation" .... Haley Jones (1 episode, 2009)

... aka CSI: Las Vegas (South Africa: English title: informal alternative title) (USA: syndication title)

... aka C.S.I. (USA: short title)

... aka CSI: Weekends (USA: promotional title)

... aka Les experts (Canada: French title)

- Turn, Turn, Turn (2009) TV episode .... Haley Jones



Soundtrack:

- Valentine's Day (2010) ("Today Was A Fairytale", "Jump Then Fall")

- "Live from Studio Five" (1 episode, 2010)

... aka Studio Five (UK: informal short title)

- Episode #1.93 (2010) TV episode (writer: "Love Story", "Today Was a Fairytale") (performer: "Love Story", - "Today Was a Fairytale")

- Hope for Haiti Now: A Global Benefit for Earthquake Relief (2010) (TV) ("Breathless")

- "Dancing on Ice" (1 episode, 2010)

... aka Dancing on Ice: Christmas Special (UK: promotional title)

... aka Dancing on Ice: The Skate-Off (UK: second part title)

- Episode #5.2 (2010) TV episode (writer: "Love Story") (performer: "Love Story")

- "The Paul O'Grady Show" (2 episodes, 2009)

... aka The New Paul O'Grady Show (UK: new title)

- Episode dated 18 November 2009 (2009) TV episode (writer: "Fifteen") (performer: "Fifteen")

- Episode dated 8 May 2009 (2009) TV episode (writer: "Teardrops on My Guitar" (uncredited)) (performer: - "Teardrops on My Guitar" (uncredited))

- Karaoke Revolution (2009) (VG) (performer: "Love Story")

- "Saturday Night Live" (3 episodes, 2007-2009)

... aka NBC's Saturday Night (USA: complete title)

... aka SNL (USA: informal title)

... aka SNL 25 (USA: alternative title)

... aka Saturday Night (USA: first season title)

... aka Saturday Night Live '80 (USA: sixth season title)

... aka Saturday Night Live 15 (USA: fifteenth season title)

... aka Saturday Night Live 20 (USA: twentieth season title)

... aka Saturday Night Live 25 (USA: twentiefifth season title)

- Taylor Swift (2009) TV episode (writer: "Monologue Song (La La La)") (performer: "Monologue Song (La La La)", "Bunny Hips Don't Lie" (uncredited), "Do-Re-Mi" (uncredited), "You Belong With Me" (uncredited), - "Untouchable" (uncredited))

- Neil Patrick Harris/Taylor Swift (2009) TV episode (writer: "Love Story" (uncredited), "Forever & Always" (uncredited)) (performer: "Tomorrow", "Love Story" (uncredited), "Forever & Always" (uncredited))

- Brian Williams/Feist (2007) TV episode (performer: "Umbrella")

- "Dancing with the Stars" (1 episode, 2009)

... aka D.W.T.S. (USA: informal title)

- Round Six: Results Show (2009) TV episode (writer: "Jump Then Fall", "Love Story") (performer: "Jump Then Fall", "Love Story")

- "CMT Insider" (2 episodes, 2008-2009)

- Episode dated 18 July 2009 (2009) TV episode (performer: "You Belong With Me")

- Episode dated 27 September 2008 (2008) TV episode (writer: "White Horse") (performer: "White Horse")

- Best of CMT Music Awards (2009) (TV) (performer: "Picture to Burn")

- Hannah Montana: The Movie (2009) (writer: "Crazier", "You'll Always Find Your Way Back Home") (performer: "Crazier")

- "CMT Top 20 Countdown" (13 episodes, 2007-2009)

- Episode dated 20 March 2009 (2009) TV episode (writer: "White Horse") (performer: "White Horse")

- Episode dated 13 March 2009 (2009) TV episode (writer: "White Horse") (performer: "White Horse")

- Episode dated 6 March 2009 (2009) TV episode (writer: "White Horse") (performer: "White Horse")

- Episode dated 27 February 2009 (2009) TV episode (writer: "Love Story", "White Horse") (performer: "Love Story", "White Horse")

- Episode dated 3 January 2008 (2008) TV episode (writer: "Our Song") (performer: "Online", "Our Song")

(8 more)

- "CSI: Crime Scene Investigation" (1 episode, 2009)

... aka CSI: Las Vegas (South Africa: English title: informal alternative title) (USA: syndication title)

... aka C.S.I. (USA: short title)

... aka CSI: Weekends (USA: promotional title)

... aka Les experts (Canada: French title)

- Turn, Turn, Turn (2009) TV episode (writer: "You're Not Sorry" (uncredited)) (performer: "You're Not Sorry" (uncredited))

- "Loose Women" (1 episode, 2009)

- Episode #13.113 (2009) TV episode (writer: "Love Story") (performer: "Love Story")

- "CMT Crossroads" (1 episode, 2008)

- Def Leppard and Taylor Swift (2008) TV episode (performer: "Photograph", "Pour Some Sugar On Me", "Hysteria")

- "Grey's Anatomy" (1 episode, 2008)

- Dream a Little Dream of Me (2008) TV episode (performer: "White Horse" (uncredited))

- "Grand Ole Opry" (1 episode, 2007)

... aka Opry Live! (USA: short title)

- Best Opry Moments of 2007 (2007) TV episode (writer: "Tim McGraw") (performer: "Tim McGraw")

- 41st Annual Country Music Association Awards (2007) (TV) (performer: "Our Song")

... aka 41st Annual CMA Awards (USA: informal title)



Referensi :



- http://gugling.com/biografi-taylor-swift.html

- http://www.movietei.com/celeb_detail.php?idx=401&cel=Taylor%20Swift

- http://id.wikipedia.org/wiki/Taylor_Swift



------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kumpulan Biografi Tokoh Terkenal dan Tokoh Indonesia Lengkap www.kolom-biografi.blogspot.com

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra