Biografi Westlife - "I Have A Dream"

Westlife berawal pada tahun 1996 di sligo, sebuah kota kecil di sebelah utara irlandia. 3 orang remaja, shane filan, kian egan dan mark feehtfy yang sering aktif dalam kegiatan teater di ummerhiii college. Ketiga orang remaja tersebut mendapat peran utama dalam sebuah drama grease dan penampilan mereka itu menjadi batu loncatan yang besar. Pada suatu malam setelah pertunjukan. ketika mereka latihan vocal sambil bercanda. tiba-tiba mary mcdonagh mendekatinya dan berkata. "saya ingin kalian membentuk sebuah band". Setelah itu mereka mulai membawakan lagu-lagu "take that" sebuah band yang mega populer di pertengahan tahun 90-an.

Ketika akan diberi nama. mary memberikan sebuah nama yang sangat aneh yaitu 6 as l ( kian. shane. mark, derek. michael. dan graham ). Awal tahun 1997, mereka berenam mulai tampil di teater-teater di sligo dan banyak orang yang langsung nge-fans dengan boy band baru ini. fans mereka di sligo terus bertambah. Pada bulan agustus 1997, "6 as 1" tampil dengan membawakan lagu-lagu dari boyzone dan backstreet boys ( bsb ) di hadapan lebih dari 500 orang. Tapi. mereka mempunyai 1 keluhan yartu tidak menyukai nama boy band-nya. Jadi mereka memutuskan untuk mengganti nama boy band mereka menjadi "iou".

"Iou" kemudian merekam sebuah single yang berjudul "to get a girl forever". Sebuah acara berita tv lokal menayangkan acara tersebut dan ternyata penampilan mereka itu menarik perhatian louish walsh. manager dan group band pop yang paling sukses di eropa. kesempatan untuk menjadi band pembuka konser bsb merupakan kejutan yang besar untuk iou. Fans bsb sebanyak 9.500 orang ternyata puas dengan penampilan Iou. Sayangnya ada 1 masalah. walaupun iou sudah bagus namun suara shane, kian, dan mark tidak cocok dengan ketiga personil lainnya. Oleh karena itu, terpaksa dilakukan beberapa perubahan.

Setelah keputusan untuk memecah iou. maka shane, kian, dan mark tampil sebagai trio. Tapi ternyata masih ada yang yang kurang dari suara mereka bertiga. Mereka merasa perlu ada vocal tambahan agar suara mereka benar-benar harmonis. Maka diadakan audisi di dublin, irlandia untuk mencari personil keempat. Ratusan penyanyi muda yang antusias ikut dalam audisi tersebut. termasuk di antaranya nicky byrne dan bryan mcfadden. Nicky dan bryan pun sebenarnya sudah lama berteman. Mereka berdua sering bermimpi menjadi anggota group dan sejak masih kanak-kanak. Mereka berharap keduanya bisa terpiiih. tapi yang dicari hanya 1 orang. Namun keberuntungan tenyata memihak kepada mereka. Akhirnya nicky dan bryan pun menjadi personil iou. Untuk memulai langkah yang baru. mereka mengganti nama boy band-nya untuk ketiga kalinya. Nama boy band mereka adalah westside ( yang merupakan sebuah penghargaan terhadap sligo. kampung halaman shane, kian, dan mark di westside-nya irlandia).


kehidupan shane, kian, mark, bryan dan nicky sebagai westside ternyata tidak berlangsung lama. Karena nama westside sudah menjadi nama group band lama. Oleh karena itu, kelima cowok keren ini terpaksa mengganti nama boy band-nya untuk keempat kalinya. Kali ini mereka memilih nama westlife. Pada bulan juli 1998. westlife mulai tampil keliling inggris bersama boyzone dan pada bulan oktober. mereka menerima penghargaan dan majalah smash hits award sebagai "best new tour act".

Pada tanggal 19 april 1999, single mereka yang berjudul "swear it again" menjadi best seller. Dengan dirilisnya single kedua "if i let you go", westiife berhasil menjadi boy band pertama yang kedua single-nya menduduki posisi puncak di tangga lagu inggris. Tapi mereka tidak puas sampai di situ. Single ketiga, keempat, dan kelima juga berhasil duduk di peringkat pertama tangga lagu inggris dan merupakan sebuah kesuksesan besar yang tidak pernah dirasakan group band mana pun di inggris.

Setelah sekitar 7 tahun bersama, akhirnya bryan mcfadden memutuskan untuk keluar dan westiife. Keputusan ini sangat disayangkan oJeh banyak pihak. Terutama rekan-rekan westiife. Bryan memilih untuk menghabiskan sebagian besar waktunya bersama keluarganya dengan mantan anggota Atomic Kitten, Kerry Katona, meski mereka kemudian berpisah dan dia mengganti ejaan nama depannya menjadi 'Brian'. la juga memilih untuk berkarir sebagai penyanyi solo. Meskipun terasa begitu berat. namun shane, nicky, kian dan mark dapat menerimanya jika itu yang terbaik. Sejak tanggal 19 Agustus 2005, bryan resmi meniggalkan westlife dan bukan lagi merupakan personil westiife.


Westlife juga empat kali berturut-turut memenangkan penghargaan "Record of the Year" ITV dengan single mereka "Flying Without Wings", "My Love", "Mandy", dan "You Raise Me Up". Westlife tidak berhasil menembus industri permusikan di Amerika Serikat, walaupun single perdana mereka, "Swear it Again", pada waktu itu cukup populer di radio dan MTV AS. Pada acara MTV TRL, video klip "Swear it Again" pernah diminta beberapa kali, dan masuk pada chart "hot 100" di salah satu majalah di AS (Billboard Magazine) edisi musim panas di urutan ke-20.

Hingga kini mereka belum berhasil meraih kesuksesan serupa di AS. Album debut mereka gagal setelah dirilis pada tahun 2000 dan itulah satu-satunya album mereka yang dirilis di sana. Hal tersebut tidak berarti tidak ada perkembangan fans Westlife di sana. Band ini juga sangat terkenal di Asia, Eropa, Australia, dan beberapa negara di Amerika selain AS. Seperti boyband lainnya, album-album mereka ditujukan kepada para remaja perempuan, walaupun ada juga fan mereka yang pria (kurang lebih sebesar 20% fan dari Westlife adalah pria). Beberapa kali Westlife pernah tampil di beberapa tempat komunitas gay. Pada tanggal 19 Agustus 2005 salah satu anggota band mereka, Mark Feehily, menyatakan dirinya seorang gay kepada publik serta keberadaannya menjalin hubungan dengan seorang mantan anggota grup musik V bernama Kevin McDaid.


Album
1999 "Westlife"
2000 "Coast to Coast"
2001 "World of Our Own"
2002 "Unbreakable"
2003 "Turnaround"
2004 "Allow Us To Be Frank"
2006 "The Love Album"
2007 "Back Home"
2009 "Where We Are"
2010 "Gravity"

Referensi :

- http://suropeji.com/biodata-para-personil-westlife-dan-sejarah-terbentuknya/
- http://id.wikipedia.org/wiki/Westlife
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kumpulan Biografi Tokoh Terkenal dan Tokoh Indonesia Lengkap www.kolom-biografi.blogspot.com
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra