Tips Mengatasi Rasa Ketakutan Dengan Cahaya

Anda sering mengalami kecemasan hingga berujung pada ketakutan? Jika sebelumnya Anda belum bisa mengatasi kecemasan dan ketakutan tersebut, mungkin kali ini Anda bisa mencobanya dengan memanfaatkan cahaya. Para ahli psikologi menyebutkan bahwa cahaya dapat mempengaruhi suasana hati seseorang.
Dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Virginia menunjukkan, cahaya juga mungkin memainkan peran dalam modulasi ketakutan dan kecemasan.
"Cahaya memainkan peran penting dalam modulasi denyut jantung, irama sirkadian, siklus tidur dan bangun, sistem pencernaan, hormon, suasana hati, dan proses tubuh lainnya," kata Brian Wiltgen, asisten profesor psikologi Universitas Virginia. "Dalam penelitian ini, kami ingin melihat bagaimana hal itu memengaruhi rasa takut dan mempelajarinya," lanjutnya.
Menurutnya, rasa takut bukanlah merupakan bawaan, melainkan berasal dari pengalaman seperti situasi berbahaya atau buruk. Mempelajari rasa takut dapat melindungi kita dari bahaya. "Studi menunjukkan bahwa cahaya memengaruhi pembelajaran, memori, dan kecemasan, dan kami sekarang telah menunjukkan bahwa cahaya juga dapat memodulasi respons terhadap ketakutan," kata Wiltgen.
Seperti dipublikasikan dalam Jurnal Proceeding of National Academy of Sciences, Brian Wiltgen mengungkapkan, pihaknya telah melihat bahwa cahaya itu tidak selalu meningkatkan rasa takut, tetapi lebih banyak cahaya meningkatkan ketakutan untuk belajar. "Ini sama halnya seperti seseorang belajar untuk menjadi lebih takut dalam gelap," pungkas Wiltgen.
(Opung);foto:tradeage.com

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra