Demam 'Planking' Melanda Selebritis Indonesia dan Dunia

Di beberapa forum internet ramai dibicarakan tentang 'Planking'. Tapi mungkin banyak yang belum mengerti apa arti dari istilah 'Planking' itu sendiri.
Definisi 'Planking' itu sendiri adalah aktifitas di mana para pelakunya berbaring tengkurap dengan tangan sejajar dan dilakukan di atas objek yang unik, aneh ataupun berbahaya (lantai, bangku, meja, atau apapun) kemudian difoto dan diupload ke situs jejaring sosial (Twitter atau Facebook). Tidak ada reward untuk planking melainkan untuk kepuasan dari planker dan tawa dari yang melihat.
Planking pada awalnya adalah sejenis permainan 'play death' dimana kita sebagai objek berpura-pura mati dengan tubuh dan wajah menghadap ke lantai. Yang menarik dari planking adalah lokasi untuk dijadikan permainan play death ini. Planker dituntut kreatifitasnya untuk bisa melakukan planking dimana saja.
Planking ini sudah populer dan membuat heboh di beberapa negara seperti Australia, Singapura, Amerika, dan lainnya. Namun planking juga sudah memakan korban jiwa.
Asal mula planking berasal dari Australia yang dikenal dengan nama Lying Down Game atau berpura-pura mati pada tahun 2006 yang dibuat oleh Gary Clarkson dan Christian Langdon asal Inggris dengan membuat group Facebook bernama 'The lying down game'.
Pada awal tahun 2011, namanya berubah menjadi 'Planking' dan menjadi berita sensasional di Australia. Planking semakin terkenal setelah pemain Rugby Australia David 'Wolfman' Williams mulai menggunakannya sebagai perayaan setelah mencetak gol.
Namun ada juga pendapat yang mengatakan sejarah Planking mulanya berasal dari masa perbudakan dimana planking merupakan cara untuk mengangkut budak dimana mereka dipaksa untuk berbaring tengkurap dengan tangan di sisi mereka dan pergelangan tangan dirantai ke pinggang.
Menurut Wikipedia, planking ini diperkenalkan oleh Tom Green, seorang pelawak dari Kanada pada tahun 1994.

Berikut ini adalah syarat-syarat untuk melakukan 'Planking' :
  • Wajah harus selalu menghadap ke bawah dan tanpa ekspresi selama melakukan planking
  • Kaki harus tetap lurus dan tangan serta jari-jari selalu di samping
  • Dilakukan di atas objek yang tidak biasa, unik dan kreatif
  • Meski dapat dilakukan di mana saja dan tanpa batasan, tapi bila planking dilakukan di tempat umum/publik nilainya jauh lebih baik
  • Bila planking dilakukan di tempat berbahaya nilainya bertambah baik
Mulai tahun 2000-an, planking ini semakin berkembang dan dilakukan banyak orang, terlebih oleh artis-artis atau orang terkenal. Dan dengan tumbuhnya internet, perlakuan planking menjadi sedikit bergeser, yang awalnya sifanya pranks, sekarang beralih menuju wadah untuk perwujudan ekspresi diri, mengikuti zaman, jadi trendsetter dan agar semakin eksis.
Para selebritis juga ikut ambil bagian menjadikan planking semakin menyebar seperti virus.
Jadi bisa dibilang tujuan dan manfaat planking adalah sebagai berikut :
  • Menambah skill (kemampuan)
  • Wujud ekspresi diri
  • Menguji adrenalin
  • Agar lebih diakui oleh teman-teman
  • Penyaluran hobi
  • Pengisi kegiatan untuk menghilangkan kejenuhan
Berikut ini adalah para artis atau selebritis yang ikut terkena demam Planking, termasuk artis Indonesia :
Justin Bieber :

Katy Perry :

Chris Brown :

Afgan :
(Op)

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra