Kebakaran di Senayan City Jakarta Bikin Pengunjung Panik

Musibah terjadi di Jakarta Pusat. Gedung pusat perbelanjaan Senayan City (Sency) mengalami kebakaran pada Rabu malam, tanggal 14 Maret 2012 sekitar pukul 20.30 WIB. Kobaran api yang membuat panik para pengunjung Senayan City (Sency) terlihat dari salah satu outlet (toko) pakaian, yakni griya busana (outlet) Salvatore Ferragamo di lantai bawah (GF).
Penyebab kebakaran di gedung Senayan City (Sency) ini diduga karena adanya korsleting listrik dari toko pakaian ternama tersebut. "Api terlihat dari dalam kaca etalase," kata salah seorang petugas keamanan pertokoan. Pengunjung dan para karyawan pun langsung dievakuasi.
"Lagi enak-enaknya kerja tiba-tiba disuruh turun. Awalnya dikira bercanda, ternyata betulan ada kebakaran," ungkap Tanti Yulianingsih, salah satu karyawan di Senayan City.
Apakah ada korban yang meninggal atau pun luka-luka akibat kebakaran di gedung Senayan City (Sency) ini? Beruntung, ternyata kebakaran kecil itu tidak menimbulkan korban. Namun sayangnya, petugas pemadam kebakaran baru datang setelah keadaan mulai terkendali. Api pun dipadamkan oleh beberapa petugas keamanan.
Bagaimana kronologis peristiwa kebakaran di gedung Senayan City (Sency) ini? Menurut Sugiyono, salah satu petugas keamanan, api diduga berasal dari korsleting lampu-lampu di papan reklame outlet Salvatore Ferragamo di bagian depan griya busana tersebut yang terlihat dari Jalan Asia Afrika.
Diduga, korsleting terjadi akibat papan reklame terlampau panas dan menimbulkan percikan api. Selanjutnya, percikan api itulah yang menyambar bahan mudah terbakar, yakni aluminium foil, plastik, dan papan penyangga lampu-lampu papan reklame.
Selain percikan api, korsleting juga menimbulkan semacam letusan yang diduga ialah pecahnya lampu-lampu papan reklame tersebut. Di bagian depan Salvatore Ferragamo terdapat tiga foto reklame. Di sebelah kiri atau di samping pintu masuk gedung stasiun penyiaran SCTV terdapat reklame bergambar pria berkemeja biru muda.
Reklame di bagian tengah yang terbakar dan menjadi asal mula percikan api bergambar perempuan bergaun seksi. Sementara reklame yang kanan atau persis di samping griya busana Burberry juga bergambar perempuan sedang berdiri.
Kebakaran membuat lapisan metal di atas reklame tengah itu menjadi kecoklatan. Kebakaran itu memang dapat diatasi dalam 30-45 menit kemudian dengan alat pemadam api ringan oleh karyawan Salvatore Ferragamo yang dibantu petugas keamanan dan pelayanan gedung Senayan City.
Namun, kebakaran menimbulkan asap yang tercium dan tampak di seantero dalam gedung Senayan City. Kebakaran juga sempat membuat pengunjung panik dan berhamburan keluar. "Saya nonton saja. Bukan kejadian besar kok. Saya malah mau lanjut belanja," kata Kristin Setiawan, pengunjung Senayan City. Petugas Sudin PKPB Jakpus dan Polri pun tidak melakukan kegiatan apa pun selain mencatat informasi kejadian itu.
Artis Teuku Zacky dalam akun Twitter-nya juga mengungkapkan kepanikannya saat peristiwa kebakaran di Senayan City itu terjadi. Saat terjadi kebakaran, Teuku Zacky harus menggandeng istri dan anaknya dari lantai 5.
"Hhuuioihh panic berat gandeng istri hamil 9 bln + zio dr lantai 5 sensi.. Lantai 1 ada toko kebakaran.. Alarm bunyi n asapp," tulis Teuku di akun Twitter-nya pada pukul 22.00 WIB, Rabu 14 Maret 2012.
(Op);foto:Kompas

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra