Inilah Daftar Iklan Dengan Biaya Termahal di Dunia

Tak bisa dipungkiri, iklan merupakan salah satu sarana promosi yang paling efektif dan cepat menyerap konsumen. Karena itulah banyak perusahaan yang rela mengeluarkan budget (dana) yang tak tanggung-tanggung hanya untuk modal dan biaya iklan. Tentunya modal setinggi langit yang dikeluarkan itu sudah dipikirkan matang-matang oleh pihak perusahaan. Ada yang rela membayar harga sewa lokasi yang tinggi, model iklan yang honornya mahal ataupun menggunakan animasi atau teknologi canggih dengan biaya super besar.
Berikut ini adalah daftar iklan dengan budget (dana) paling mahal di dunia :
1. Iklan Ferrari/Shell : mengeluarkan biaya iklan sebanyak US$4,5 juta (Rp40,5 miliar)
Pada perayaan 60 tahun, iklan Ferrari/Shell menunjukkan sebuah mobil balap Ferrari sedang berpacu di sejumlah lokasi terkenal di dunia seperti Colosseum dan Time Square, New York.
Pada akhir iklan yang dibuat pada 2007, mobil balap tersebut berhenti untuk mengisi bahan bakar di sebuah stasiun pengisian bahan bakar milik Shell, untuk kemudian melanjutkan kembali perlombaan mengelilingi dunia.

2. Iklan Honda : mengeluarkan biaya iklan sebanyak US$6,2 juta (Rp55,8 miliar)
Iklan ini merupakan bagian promosi dari produk mobil Honda Accord dan dibuat pada tahun 2003. Uniknya, iklan ini sama sekali tidak menggunakan bantuan teknologi komputer. Langkah itu pula yang menyebabkan iklan Honda ini sangat mahal.
Untuk membuat iklan ini dibutuhkan 606 kali pengambilan gambar untuk menjamin iklan sempurna dari awal sampai akhir. Dalam pembuatannya, seluruh bagian dari mobil Honda terlihat diletakkan dalam sebuah lantai dan mendorong satu sama lainnya secara beruntun. Pada ujung, dari tumbukan bagian mobil itu, terlihat sebuah mobil Honda terparkir.
Dan pada akhir iklan, muncul kalimat "Tidakkah menyenangkan ketika sesuatu berjalan dengan baik?"
 
3. Iklan Pepsi : mengeluarkan biaya iklan sebesar US$8,1 juta (Rp72,9 miliar)
Iklan minuman Pepsi yang berdurasi 90 detik ini pertama kali ditayangkan pada tahun 2002 di acara Superbowl, menampilkan artis Hollywood Britney Spears yang menampilkan sejarah minuman bersoda ini selama lima dekade terakhir.
Britney Spears tampil dengan berganti kostum beberapa kali untuk menyesuaikan dengan kondisi pada tahun tertentu. Di setiap dekade itu, Britney selalu mengucapkan tagline iklan yang dibuat pada 2002 itu dengan kalimat, "Untuk mereka yang berpikir muda."
 
4. Iklan Chrysler : mengeluarkan biaya iklan sebesar US$12 juta (Rp108 miliar) 
Iklan Chrysler yang tayang pertama kali pada pertandingan Superbowl tahun 2011 ini menampilkan Eminem sebagai bintang iklannya. Iklan ini mengambil setting lokasi di Detroit yang merupakan pusat pembuatan mobil.
Eminem dalam iklan itu berakting sedang mengendarai kendaraan tersebut dengan backsound lagu 'Lose Yourself' dan berhenti di Teater Fox. Iklan ini ditutup dengan sebuah tagline, "Diimpor dari Detroit."
 
5. Iklan Aviva : mengeluarkan biaya iklan sebanyak US$13,4 juta (Rp120,6 miliar)
Aviva merupakan produk asuransi dari salah satu perusahaan di Inggris. Untuk mempromosikan pergantian nama dari sebelumnya Norwich Union, pada 2008 perusahaan mempromosikan nama barunya tersebut.
Iklan ini banyak menampilkan nama-nama tenar seperti Bruce Willis, Dame Edna, Ringo Starr, Elle Macpherson, dan Alice Cooper. Seperti Aviva, artis-artis yang terlibat dalam iklan ini telah mengubah nama aslinya sebagai bagian dari karier mereka.
 
6. Iklan Guinness : mengeluarkan biaya iklan sebanyak US$16 juta (Rp144 miliar)
Untuk memperingati perayaan ulang tahun perusahaan ke-80, Guinness membiayai pembuatan iklan "Tipping Point" yang menggambarkan kolaborasi penduduk di kota kecil Argentina yang menyusun domino yang akan menjatuhkan buku, kotak cat, kulkas, bahkan tumpukan mobil di sebuah jalan.
Pada bagian akhir iklan yang dibuat pada 2007 ini, tumpukan susunan peralatan itu membentuk sebuah galon Guinness.

7. Iklan Chanel : mengeluarkan biaya iklan sebanyak US$33 juta (Rp297 miliar)
Iklan paling mahal berdurasi dua menit ini disutradarai oleh Baz Lurhrmann dan menampilkan aktris Nicole Kidman yang berperan sebagai artis yang tengah dikejar-kejar oleh paparazzi. Hampir sama seperti film yang dibuat Lurhrmann berjudul 'Moulin Rouge', Nicole kemudian masuk ke dalam sebuah taksi yang di dalamnya sudah ada penumpang pria yang merupakan penulis muda. Kedua manusia ini akhirnya jatuh cinta.
Dalam iklan yang tayang pertama kali pada tahun 2004 ini, Kidman dikabarkan menerima bayaran sebesar US$3 juta setara dengan Rp18 miliar. Wow!
(Op);sumber:carboonj.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra