Biografi Jendral Sudirman


Biografi Jendral Sudirman | Biodata Lengkap Jendral Sudirman 

Jendral Sudirman lahir di Purbalingga Jawa Tengah pada 24 januari 1916,di masa muda beliau sangat aktif di kegiatan kepramukaan.Pada masa pendudukan Jepang beliau sangat memperhatikan kondosi sosial yang terjadi saat itu,beliau mendirikan koprasi untuk membantu rakyat dari bahaya kelaparan.Beliau mengikuti pendidikan tentara Pembela Tanah Air di Bogor,yang kemudian beliau di angkat menjadi Komandan Batalion di Kroya. Setelah Tentara keamanan Rakyat (TKR) di bentuk beliau di angkat menjadi panglima Divisi V di Banyumas dengan pangkat kolonel.

Bulan Desember 1945 ia memimpin pasukan TKR dalam pertempuran melawan Inggris di Ambarawa. Tanggal 12 Desember dilancarkan serangan serentak terhadap semua kedudukan Inggris. Akhirnya pasukan Inggris mengundurkan diri ke Semarang.

Dalam Konferensi TKR tanggal 12 Nopember 1945 Sudirman terpilih menjadi Panglima Besar TKR. Lalu tanggal 18 Desember 1945 ia dilantik oleh Presiden dengan pangkat Jenderal. Sejak itu TKR tumbuh menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI).




Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra