Profil Charles Babbage Sang Penemu Komputer

Profil Charles Babbage | Profil Penemu Komputer

Profil Charles Babbage Sang Penemu Komputer
Charles Babbage adalah seorang matematikawan asal Inggris yang berhasil menjadi penemu komputer pertama kali di dunia. Ilmuwan yang lahir pada 26 Desember 1791 telah banyak menghasilkan karya nyata yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, kususnya pada bidang komputer.

Mesin penghitung yang ditemukan Charles Babbage (1791-1871) merupakan cikal bakal dari komputer yang saat ini sudah sangat berkembang. Mesin penghitung yang diciptakan oleh Charles Babbage ini termasuk salah satu ikon yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer. Selain itu, mesin penghitung tersebut merupakan kalkulator otomatis pertama. Oleh karena itu, Charles Babbage dikenal dengan sebutan Bapak Komputer.

Profil Charles Babbage

Charles Babbage lahir di London pada 26 Desember 1791. Dia adalah anak dari Benjamin Babbage, seorang bankir. Kelebihan Charles Babbage dalam bidang matematika sangat menonjol. Tak heran, kemampuannya yang lebih dalam bidang matematika membawa Charles Babbage masuk Trinity College di Cambridge pada 1811. Setelah memasuki Trinity Collage, kemampuan dan keahliannya dalam bidang matematika menjadi jauh lebih baik, bahkan jauh lebih baik daripada tutornya sendiri.

Charles Babbage lahir di Inggris, kemungkinan besar di jalan Crosby Row 44, Walworth Road, London. Ada beberapa pendapat tentang tanggal kelahiran Babbage. Obituari yang dimuat dalam harian The Times menyebutkan kelahirannya pada tanggal 26 Desember 1792. Namun beberapa hari kemudian seorang keponakan Babbage menulis bahwa Babbage sebenarnya dilahirkan setahun sebelumnya, pada 1791.

Ayah dari Charles adalah orang kaya, sehingga adalah mungkin bagi Charles untuk menerima instruksi dari beberapa sekolah elit dan guru selama pendidikan dasar nya. Dia adalah sekitar delapan ketika ia harus pindah ke sekolah negeri untuk pulih dari demam berbahaya.

Orang tuanya dihukum bahwa "otak tidak dikenakan pajak terlalu banyak"; Babbage menulis: ". Ini kemalasan yang besar mungkin telah menyebabkan beberapa penalaran kekanak-kanakan saya"

Kemudian, ia bergabung Raja Edward VI Grammar School di Totnes, South Devon, sebuah sekolah yang komprehensif berkembang yang masih bekerja saat ini, tetapi status kesehatan rapuh memaksanya kembali ke pengajaran pribadi untuk suatu periode.

Kemudian, ia akhirnya bergabung dengan mahasiswa 30-ditutup akademi jumlah dikelola oleh Pendeta Stephen Freeman. Akademi memiliki perpustakaan besar, dimana Babbage digunakan untuk belajar matematika sendiri, dan belajar untuk menyukainya.

Dia memiliki dua tutor pribadi lebih setelah meninggalkan akademi. Salah satunya adalah seorang pendeta dari Cambridge, dan tentang dia Babbage berkata: "Aku takut aku tidak berasal darinya semua keuntungan yang mungkin saya lakukan.". Yang lain adalah seorang guru Oxford yang diajarkan Babbage Klasik, sehingga ia dapat diterima ke Cambridge.

Babbage tiba di Trinity College, Cambridge pada Oktober 1810. Dia memiliki kebudayaan besar - ia tahu Lagrange, Leibniz, Lacroix, Simpson ... dan dia kecewa serius tentang program matematika yang tersedia di Cambridge. Jadi dia, dengan J.Herschel, G.Peacock, dan teman lainnya, memutuskan untuk membentuk Analytical Masyarakat.

Ketika, pada tahun 1812, Babbage ditransfer ke Peterhouse, Cambridge, ia adalah ahli matematika terbaik, tetapi ia gagal lulus dengan pujian.
Dia menerima gelar kehormatan kemudian, bahkan tanpa examinated, pada tahun 1814.

Pada tahun 1814, Charles Babbage menikah Georgiana Whitmore di Gereja St Michael di Teignmouth, Devon. Ayahnya, untuk beberapa alasan, tidak pernah memberi approvation nya. Mereka hidup dalam ketenangan pada 5 Devonshire Street, Portland Place, London.

Hanya Tiga dari 8 anak mereka menjadi dewasa.
Tragisnya, ayah Charles, istri dan salah seorang putranya semua meninggal pada tahun 1827.

Pada masa itu, perhitungan dengan menggunakan tabel matematika sering mengalami kesalahan. Babbage ingin mengembangkan cara melakukan perhitungan secara mekanik, sehingga dapat mengurangi kesalahan perhitungan yang sering dilakukan oleh manusia. Saat itu, Babbage mendapat inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz.

Sejarah komputer diawali ketika Penemu Inggris Charles Babbage menyelesaikan prinsip-prinsip pemakaian umum komputer digital seabad penuh sebelum perkembangan besar-besaran mesin hitung elektronik terjadi. Mesin yang dirancangnya, yang diberinya nama "mesin analitis" pada pokoknya mampu melaksanakan apa saja yang bisa dilakukan kalkulator modern (meski tidak sama cepatnya, karena "mesin analis" bukanlah dirancang untuk bertenaga listrik). Sayangnya, berhubung teknologi abad ke-19 belumlah cukup maju, Babbage tidak sanggup merampungkan konstruksi "mesin analis" itu, selain memang tidak bisa tidak memerlukan waktu dan biaya besar. Sesudah matinya, gagasannya yang begitu cemerlang nyaris dilupakan orang. - Tokoh Ilmuwan Penemu Komputer.

Gagasan awal tentang mesin Babbage ditulis dalam bentuk surat yang ditulisnya kepada Sir Humphrey Davy pada tahun 1822.

Pada 1821, Charles Babbage menciptakan Difference Engine Penemu komputer , yaitu sebuah mesin yang bisa menyusun Tabel Matematika. Saat akan melengkapi mesin tersebut pada 1832, Charles Babbage mendapatkan ide mengenai mesin yang lebih baik. Mesin yang lebih baik dari mesin sebelumnya ini (Difference Engine ) akan mampu menyelesaikan tidak hanya satu jenis, tetapi berbagai jenis operasi aritmatika.

Mesin generasi kedua yang diciptakan oleh Charles Babbage ini dinamakanAnalytical Engine (1856). Mesin Analytical Engine dimaksudkan sebagai mesin pemanipulasi simbol umum dan memiliki beberapa karakteristik dari komputer modern, seperti penggunaan punched card, sebuah unit memori untuk memasukkan angka dan berbagai elemen dasar komputer lainnya.

Sebelumnya, karya Charles Babbage kurang begitu terkenal. Ketika dia bertemu dengan Ada Lovelace, anak dari Lord Byron, karyanya mulai diperhatikan orang. Charles Babbage pertama kali bertemu dengan anak Lord Byron pada sebuah acara yang dilaksanakan pada 6 Juni 1833.

Sembilan tahun pertemuan tersebut, Luigi Federico Manabrea, seorang insinyur dari Italia, menjelaskan cara kerja Analytical Engine karya Charles Babbage. Kemudian, karya tersebut diterjemahkan dan ditambahkan notes oleh Ada Lovelace pada 1843. Sejak saat itu, masyarakat mulai mengenal karya Charles Babbage.

Sayangnya, hanya sedikit sisa peninggalan dari Difference Engine, mesin generasi pertama ciptaan Charles Babbage. Hal itu disebabkan keperluan mesin generasi pertama melebihi teknologi yang berkembang pada zaman itu. Meskipun pekerjaan Charles Babbage dihargai oleh berbagai institusi sains, tapi Pemerintah Inggris menghentikan sementara pendanaan untuk Difference Engine pada 1832. Akhirnya, pendanaan itu dihentikan seluruhnya pada 1842. Demikian pula, Difference Engine yang hanya terwujudkan dalam rencana dan desain.

Pada 1828 sampai 1839, Charles Babbage memperoleh gelar The Lucasian Chair of Mathematics (gelar profesor matematika paling bergengsi di dunia) dari Universitas Cambridge. Selain mesin hitung, Charles Babbage memberikan berbagai kontribusi lain.

Konstribusi tersebut, antara lain menciptakan sistem pos modern di Inggris, menyusun tabel asuransi pertama yang dapat diandalkan, menemukanlocomotive cowcather (struktur berbentuk segitiga di bagian depan kereta api, yang mampu membersihkan rel dari gangguan) dan lainnya. Selain itu, Charles Babbage menyumbangkan ide-idenya pada bidang ekonomi dan politik.

Charles Babbage pun dikenal sebagai seorang ahli cryptanalysis yang berhasil memecahkan vigenere cipher (polyalphabet cipher). Sebenarnya, kepandaian ini sudah dimilikinya sejak 1854, setelah dia berhasil mengalahkan tantanganThwaites untuk memecahkan cipher-nya. Akan tetapi, penemuan ini tidak dia terbitkan sehingga baru diketahui pada abad 20 ketika para ahli memeriksanotes-notes (catatan) Charles Babbage.

Babbage prestasi

Pada tahun 1824 Babbage memenangkan Gold Medal dari Royal Astronomical Society "untuk penemuan mesin untuk menghitung tabel matematika dan astronomi".

Dari 1828-1839 Babbage adalah Lucasian guru besar matematika di Cambridge. Dia memberikan kontribusi sebagian besar majalah ilmiah, dan berperan penting dalam mendirikan Astronomical Society di 1820 dan Society Statistik pada tahun 1834.

Pada 1837, menanggapi delapan Treatises resmi Bridgewater "Di Kebijaksanaan, Power dan Kebaikan dari Allah, seperti yang diwujudkan dalam Penciptaan", ia menerbitkan risalah Kesembilan nya Bridgewater mengajukan tesis bahwa Allah memiliki kemahakuasaan dan pandangan ke depan untuk menciptakan sebagai ilahi legislator, membuat hukum (atau program) yang kemudian diproduksi spesies pada waktu yang tepat, daripada terus-menerus mengganggu mukjizat ad hoc setiap kali spesies baru yang diperlukan. Buku ini dimasukkan ekstrak dari korespondensi ia telah memiliki dengan John Herschel pada subjek.

Charles Babbage juga mencapai hasil yang penting dalam kriptografi. Dia mematahkan Vigenère cipher yang autokey serta cipher jauh lebih lemah yang disebut Vigenère cipher hari ini. Cipher autokey secara umum disebut "cipher undecipherable", meskipun karena kebingungan populer, banyak pemikiran bahwa cipher polyalphabetic lemah adalah "undecipherable" satu. Penemuan Babbage digunakan untuk membantu kampanye militer Inggris, dan tidak dipublikasikan sampai beberapa tahun kemudian, sebagai hasil kredit untuk pembangunan itu bukan diberikan kepada Friedrich Kasiski, yang membuat penemuan yang sama beberapa tahun setelah Babbage.

Babbage juga menemukan pilot (juga disebut sapi-penangkap), kerangka logam melekat pada bagian depan lokomotif yang membersihkan trek dari hambatan pada 1838. Dia juga tampil beberapa penelitian tentang Great Western Railway Isambard Kingdom Brunel.

Dia hanya sekali berusaha untuk memasuki kehidupan publik, ketika, pada tahun 1832, ia berdiri tidak berhasil untuk kota kecil dari Finsbury. Dia datang terakhir dalam jajak pendapat. 

Bagian dari mekanisme Babbage belum selesai yang tersedia untuk kunjungan pada London Science Museum. Pada tahun 1991 mesin perbedaan selesai, mulai dari rencana asli Babbage, dan berfungsi dengan sempurna.

Di balik seluruh keberhasilan yang diraih Charles Babbage, kegagalan dalam pembuatan mesin perhitungan dan kegagalan bantuan pemerintah kepadanya, meninggalkan Babbage dalam kekecewaan dan kesedihan di akhir masa hidupnya. Babbage meninggal di rumahnya di London pada 18 Oktober 1871.

Pada tahun 1991, dengan menggunakan rencana asli dari Babbage, sebuah mesin diferensial dikembangkan dan mesin ini dapat berfungsi secara sempurna, yang membuktikan bahwa gagasan Babbage tentang Penemu Komputer mesin ini memang dapat diimplementasikan.




Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra