Biografi James Madison

Biografi James Madison | Presiden Amerika Ke 4

James Madison, Jr adalah Presiden Amerika Serikat yang keempat. Ia disebut "Bapak Konstitusi" karena perannya dalam penyusunan Konstitusi Amerika Serikat. Pada masa pemerintahan Presiden Thomas Jefferson ia menjabat sebagai Menteri Luar Negeri.


James Madison lahir di Port Conway, Virginia. Ia lulus dari College of New Jersey (sekarang Princeton University) pada tahun 1771. setelah lulus ia tetap di Princeton untuk belajar filsafat politik hingga tahun 1772. Pengalaman pertama Madison di ketatanegaraan adalah sebagai penyusun Konstitusi Virginia pada yahun 1766 yang salah satu isinya adalah jaminan kebebasan beragama di Virginia. Ide-idenya tentang kebebasan beragama juga tertuang dalam Bill of Rights.

Madison bertugas di House of Representative (DPR) Amerika serikat sejak tahun 1789-1797. Ketika Thomas Jefferson diangkat menjadi presiden, ia mengangkat Madison sebagai menteri luar negeri. Di masa jabatannya Madison mengawasi Pembelian Louisiana, yang membuat wilayah Amerika Serikat menjadi lebih dari dua kali lipat wilayah awalnya. Pada tahun 1809 hingga 1817 Madison menjabat sebagai Presiden Amerika ke-4 dari Partai Demokrat-Republik. Pada masa pemerintahannya ia berhasil menetapkan cukai untuk melindungi perindustrian Amerika dan membangun organisasi militer yang kuat di amerika Serikat. Setelah kegagalan protes diplomatik dan embargo terhadap Inggris, pemerintahannya memimpin Amerika Serikat ke dalam perang tahun 1812 dengan Inggris.

Pada tahun 1817 Madison pensiun dan pindah ke Montpelier. Pada tahun 1826 Madison diangkat sebagai Rektor kedua di University of Virginia (Universitas Virginia) hingga akhir hayatnya pada tahun 1836. Pada tahun 1829 Madison terpilih sebagai perwakilan untuk konvensi konstitutional di Richmond untuk merevisi konstitusi Negara Bagian Virginia. Madison wafat pada tahun 1836 dan dimakamkan di pemakaman keluarganya.

PENDIDIKAN
Princeton University

KARIR
Delegasi Congress of the Confederation dari Virginia (1781-1783)
Anggota House of Representative (DPR) Amerika Serikat dari distrik ke-5 Virginia (1789-1793)
Anggota House of Representative (DPR) Amerika Serikat dari distrik ke-15 Virginia (1793-1797)
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat ke-5 (1801-1809)
Presiden Amerika Serikat ke-4 (1809-1817)



Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra