Biografi Nirina Zubir - VJ MTV & Pemain Film

Biografi Nirina Zubir-Bernama lengkap Nirina Raudatul Jannah Zubir, lebih dikenal dengan Nirina Zubir atau dipanggil Nirina saja. Ia adalah seorang artis dan pembawa acara yang lahir di Antananarivo, Madagaskar, 12 Maret 1980.  Mengawali karier di dunia hiburan dengan menjadi VJ MTV, gadis imut ini kemudian terjun ke dunia seni peran yang kemudian membesarkan namanya.

Wajahnya yang ramah dan tubuhnya yang imut, ia bertinggi badan 158 cm menjadi cirri khasnya. Putrid dari Zubir Amin, diplomat senior kelahiran Pariaman, Sumatera Barat ini menikah dengan Ernest Fardiyan Sjarif dan dikaruniai 2 orang anak.

Perjalanan Karir
Biografi Nirina Zubir - Sebelum menjadi VJ MTV, Nirina memang sudah bergelut dengan dunia siaran. Maklumlah, ia sempat empat tahun menekuni profesi sebagai seorang penyiar radio MTV On Sky. Sebelumnya, anak ke-4 dari 5 bersaudara ini juga sempat mengenyam pelatihan menjadi penyiar di radio Prambors beberapa tahun silam.
Setelah beberapa tahun menjadi VJ MTV Indonesia, Nirina akhirnya memulai debut filmnya di film romantis berjudul 30 Hari Mencari Cinta.

Pihak Rexinema yang mengajaknya untuk bermain dalam film produksi mereka, ’30 Hari Mencari Cinta’. Awalnya Nirina mengaku sempat ragu untuk menerima tawaran tersebut. Pasalnya, ia tidak yakin jika ia mampu membawakan karakter Gwen yang ditawarkan kepadanya. Keraguan Nirina beralasan. Kala itu, ia sama sekali tidak mempunyai latar belakang pendidikan akting.

Namun ia akhirnya bisa memerankan tokoh Gwen tersebut. Setelah sukses memerankan tokoh Gwen di 30 Hari Mencari Cinta yang berkarakter tidak jauh beda dengan sifat aslinya, Nirina mendapatkan tantangan untuk bermain di film keduanya yang berjudul Mirror dan berpersan sebagai Kikan pada tahun 2005.
Setelah sukses dengan film keduanya, Nirina didaulat untuk bermain di film yang bertemakan Psycological-Thriller berjudul Belahan Jiwa. Di film ini, Nirina berperan sebagai Baby Blue yang memiliki trauma akibat kematian saudara kembarnya, Baby Pink. Film ini pun sukses di pasaran pada akhir tahun 2006.
Pada tahun 2006, pada tanggal 11 Mei film keempatnya diputar di bioskop dengan judul Heart. Dalam film Heart, Nirina pun mengisi soundtracknya. Lagu yang Nirina nyanyikan berjudul Hari Ini, Esok dan Seterusnya.

Setelah kesuksesan film Heart yang berhasil menyedot 1,6 Juta penonton tahun 2006, kemudian pada tahun 2007 Nirina melanjutkan dominasinya dengan film Get Married yang menjadi film tersuksesnya di box office yaitu ditonton sebanyak 2,2 Juta orang. Tak heran pada tahun 2007 Nirina menjadi aktris film termahal di Indonesia dengan honor Rp 250 Juta per film. Sayang gelar itu tak lama diraihnya karena tahun 2008 dia absen dari layar lebar. Predikat itu kemudian disandang oleh aktris Acha Septriasa. Tahun 2009 Nirina kembali masuk daftar aktris termahal dan berada di peringkat empat, dibawah artis Luna Maya.

Selain film, Nirina juga bermain dalam beberapa judul sinetron seperti   Untukmu Segalanya (1994), Untukmu Segalanya 2 (1996), Tersanjung 1-6 (1998), Diva (2008) dan Assalamualaikum Cinta (2008).

Biografi Nirina Zubir - Ketenaran membuatnya kebanjiran job iklan. Setidaknya iklan krim kecantikan dan mobil pernah dibintanginya. Begitu juga dengan model video klip, Nirina pernah menjadi model di video klip Sheila On 7 (Melompat Lebih Tinggi dan Berhenti Berharap), Acha Septriasa & Irwansyah (My Heart) dan Letto (Truth, Cry & Lie).

Beberapa penghargaan yang pernah dirain lulusan STIE Perbanas Ekonomi ini adalah:
•  Indonesia Movie Awards untuk Aktris favorit di Cermin (2005)
•  Indonesia Movie Awards untuk Best Actress di Heart (2006)
•  Penghargaan FFI untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik di Heart (2006)


Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra