Biodata Ruhut Sitompul | Biografi Ruhut Sitompul

Biodata Ruhut Sitompul | Biografi Ruhut Sitompul

Ruhut Sitompul
Ruhut Sitompul
Nama Lengkap : Ruhut Sitompul

Alias : Ruhut | Sipoltak
Kategori : POLITIKUS
Agama : Kristen
Tempat Lahir : Medan
Tanggal Lahir : Sabtu, 24 April 1954
Zodiac : Aries
Warga Negara : Indonesia
Istri : Anna Rudhiantiana Legawati
Anak : Christian Husein Sitompul

Mendengar nama Ruhut Sitompul rasanya bisa dipastikan banyak orang yang mengenalinya. Bagaimana tidak, kalimat-kalimatnya yang kontroversial saat rapat DPR selalu mengundang banyak kritikan personal padanya dan partai yang mengusungnya, Demokrat. Sebelumnya, namanya mulai dikenal saat dirinya terlibat sinetron Gerhana pada tahun 1995. Saat itu, dirinya yang semula menjadi pengacara StarVision sebelumnya hanya terlibat kontrak beberapa episode, namun karena perannya yang banyak menarik perhatian masyarakat, sehingga ia memerankan peran Raja Minyak dari Medan hingga puluhan episode.

Pria kelahiran Medan, 24 Maret 1954 ini adalah seorang pengacara, pemeran sinetron, sekaligus politikus Indonesia. Ia menyelesaikan studinya di Fakultas Hukum Universitas Padjajaran, Bandung pada tahun 1979.

Kariernya menjadi pengacara saat itu mulai meroket saat dirinya menjadi penasihat hukum Akbar Tanjung yang saat itu menjabat sebagai ketua umum partai Golkar. Ruhut -kerap kali ia disapa- sendiri mulai bergabung dengan Golkar pada tahun 1983. Jadi bisa disimpulkan, selain menjadi pengacara ia juga berpolitik pada masa itu.

Meski Ruhut mulai terjun ke dunia politik sejak muda, namun sampai pada tahun 2003, karir berpolitiknya belum cukup terlihat. Hingga pada tahun 2004 ia beralih partai dari partai Golkar menuju partai Demokrat.

Banyak yang mengira perpindahan Ruhut diduga karena saat itu Akbar tanjung tak lagi menjabat sebagai Ketua Umum. Mengingat posisinya di Golkar saat itu sudah menduduki posisi nyaman (meski tak terlihat greget politiknya). 

Rupanya perpindahan ayah dari Christian Husein Sitompul ini menyebabkan Ruhut merasakan posisi di atas angin. Ia merasakan kebebasan dalam mencari jati dirinya dalam berpolitik. Demokrat merupakan partai yang baru saat itu, sehingga kehadiran Ruhut sangat dibutuhkan saat dalam keadaan berselisih pendapat. Ia dianggap jago bersilat lidah mengingat profesinya adalah seorang pengacara.

Dalam beberapa pemberitaan mengenai Ruhut, banyak terdapat cuplikan-cuplikan yang menampilkan kalimat tak pantasnya saat menghadiri rapat sidang di Gedung DPR. Ruhut memang terkenal sebagai sosok yang kontroversial. Tak hanya itu, ia juga dianggap menjadi sosok rasisme. Di sisi lain, Ruhut juga sempat ditempa kabar mengenai perselingkuhannya dengan istri orang dan menelantarkan anak serta istri sahnya.

Akibat ulahnya tersebut, Badan Kehormatan DPR mengeluarkan sanksi kepada Anggota Komisi III DPR berupa teguran tertulis, karena sebagai anggota legislatif Ruhut telah melanggar kode etik dengan menelantarkan istri dan anak-anaknya.

Dalam beberapa berita lain menyebutkan, Ruhut sempat menyarankan Ketua Umum DPP Partai Demokrat untuk mundur dari jabatannya. Anas sendiri menyikapi kalimat Ruhut hanya dengan kepala dingin, mengingat Dewan Penasehat Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan dirinya tetap melaksanakan fungsi ketua umum Partai Demokrat.

Ruhut sendiri menyarankan Anas mundur dari jabatan Ketua umum Partai Demokrat lantaran gonjang-ganjing keterlibatan Anas pada kasus Wisma Atlet. Ia menambahkan, sorotan tajam masyarakat yang ditujukan pada Anas berpengaruh terhadap merosotnya popularitas dan citra Partai Demokrat seiring tersangkutnya sejumlah kader-kader utama partai tersebut di arus skandal korupsi.

Di lain pihak, baru-baru ini ketua MPR-RI, Marzuki Alie mewajibkan anggota (wanita) DPR-RI dilarang tampil dan menggunakan busana seksi saat ke kantor. Hal ini dibantah keras oleh Ruhut. Menurutnya, wanita yang menggunakan busana seksi saat ke kantor dapat membangkitkan semangat kerja di DPR, ungkap suami Anna Rudhiantiana Legawati ini.



sumber : http://profil.merdeka.com/indonesia/r/ruhut-sitompul/

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra