Dec 22, 2012

Biografi H. Tjokropranolo

Biografi H. Tjokropranolo

H. Tjokropranolo
H. Tjokropranolo
Tjokropranolo (lahir di Temanggung, Jawa Tengah, 20 Mei 1924, meninggal di Jakarta, 22 Juli 1998) atau lebih akrab dengan panggilan Bang Nolly adalah salah satu mantan Gubernur DKI Jakarta. Ia adalah anak bupati Temanggung pada masanya. Selain itu ia menyandang pangkat kapten dan menjadi pengawal pribadi Panglima Besar Sudirman di masa revolusi fisik perlawanan pendudukan Belanda. Ia pula yang turut meloloskan Pak Dirman dari serangan maut tentara Belanda, yang berkali-kali melakukan percobaan pembunuhan. Dalam karir kemiliteran, ia pernah menjabat Asintel Siaga, sekretaris militer untuk presiden. Sebelum menjabat gubernur Jakarta, selama satu tahun Tjokropranolo menjadi asisten Gubernur Ali Sadikin. Pada Juli 1977, ia dilantik sebagai Gubernur Jakarta.

Selama dia menjabat gubernur, ia sering mengunjungi berbagai pabrik untuk mengecek kesejahteraan buruh dan mendapatkan gagasan langsung tentang upah mereka. Usaha kecil juga menjadi perhatiannya. Dia mengalokasikan sekitar ratusan tempat untuk puluhan ribu pedagang kecil agar dapat berdagang secara legal. Walau begitu, kemacetan lalu lintas dan kesemrawutan transportasi kota menjadi masalah yang sulit dipecahkan. Perda yang mengatur pedagang jalanan tidak efektif, sehingga mereka masih berdagang di wilayah terlarang, menempati badan jalan, dan memacetkan lalu lintas.

Setelah menanggalkan jabatan gubernur, ia aktif sebagai pekerja sosial. Terakhir ia diangkat sebagai Ketua Yayasan Rumah Sakit Bakti Yudha, Depok, dan meninggal pada usia 74 tahun di rumah sakit tentara di Jakarta pada 22 Juli 1998.



http://www.fauzibowo.com/profiltokoh.php?id=91&option=view




No comments:

Post a Comment