Biografi Dr.Saharjo, SH

Biografi Dr.Saharjo,SH

Dr.Saharjo,SH
Dr.Saharjo,SH
Saharjo mendapatkan gelar sarjana hukum pada tahun 1941. Sebelumnya, ia tidak menamatkan pendidikanya di STOVIA. Karier Saharjo dimulai dengan menjadi seorang guru di perguruan Rakyat, Sebuah sekolah swasta di jakarta. Kemudian suharjo aktif di bidang politik dengan masuk Partindo (Partai Indonesia) Dan diangkat sebagai anggota pengurus besar partai tersebut.

Suharjo adalah tokoh penting dalam bidang hukum di Indonesia. Dia pernah menjabat sebagai menteri muda kehakiman dan meteri kehakiman serta wakil perdana menteri bidang dalam negeri. Dia selalu berusaha untuk menyesuaikan hukum koloial yang tidak tidak sesuai lagi dengan kondisi bangsa indonesia yang sudah merdeka.

Buah karyanya antara lain adalah undang-undang kewarganegaraan indonesia tahun 1947 dan tahun 1948, Undang-Undang Pemilihan Umum tahun 1953, pemilihan pohon beringin sebagai lambang keadilan yang hingga sekarang dipakai sebagai lambang Depatermen Kehakiman. Suharjo juga mengganti istilah penjara dengan Lembaga Pemasyarakatan Khusus dan orang yang dihukum di dalamnya dengan istilah narapidana. Sebagai pendekar hukum, Suharjo lebih menitikberatkan pembimbingan dan pelatihan-pelatihan kepada para narapidana penyiksaan. Dia berharap, setelah selesai menjalani hukuman, para narapidana dapat kembali ke masyarakat dengan bekal yang cukup.

Berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No.245/1963, Dr. Saharjo,SH diangkat sebagai tokoh nasional /Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

Semoga Biografi Dr.Saharjo, SH ini bermanfaat untuk anda, Terima kasih.



Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra