Hah! BJ Habibie Pernah Disarankan Dokter Masuk Rumah Sakit Jiwa

Presiden RI ke-3 BJ Habibie pernah didiagnosa sakit keras dan ternyata pernah disarankan untuk berobat ke rumah sakit jiwa. Habibie divonis dokter setelah ia ditinggalkan istri yang dicintainya, Ainun Habibie. Habibie menceritakan saat tahlilan mengenang Ainun, ia mendatangi makam istrinya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Setelah pulang, Habibie merasa depresi.
"Jam 02.00 dinihari saya tidak pakai sepatu hanya pakai baju tidur nangis seperti anak kecil mencari Ainun," kata Habibie usai acara nonton bareng film 'Habibie&Ainun' di XXI Plasa Senayan, Rabu (16/1/2013) malam.
Habibie lalu menghubungi dokter keluarga di Hamburg, Jerman. Habibie dinyatakan sakit keras. "Itu terjadi kalau jodoh sudah bertemu lalu membentuk keluarga sakinah, kemudian ada anak dan cucu. Anak dan cucu pergi, jodoh tinggal berdua, lalu salah satu ada yang meninggal, dan yang ditinggalkan akan merasakan itu. Habibie waktu itu seperti itu," ungkapnya.
Dokter lalu memberikan empat alternatif kepada Habibie agar terlepas dari rasa sakitnya. Pertama, Habibie harus masuk rumah sakit jiwa. Kedua, tinggal di rumah pribadi namun ada tim dokter rumah sakit jiwa dan dokter dari Jerman yang akan merawatnya. Ketiga, ia diminta menceritakan seluruh pengalamannya dengan Ainun kepada teman terdekat. "Padahal teman kita berdua adalah dokter," kata Habibie.
Terakhir, Habibie disuruh menyelesaikan sendiri permasalahan itu. Ia lalu memilih alternatif keempat. Habibie lalu mencurahkan isi hatinya dengan menulis. Ia mengibaratkan seperti komputer yang sedang rusak.
"Kalau laptop hang, harus direstart, maka saya ulangi lagi kisah itu, saya kenal Ainun saat ia berusia 12 tahun dan saya 13 tahun, saat itu tidak ada perasaan, tapi orangtua kami bersahabat," imbuhnya.
Ketika bertemu kembali, kata Habibie, setelah ia dewasa dan melihat bahwa Ainun telah berubah menjadi gadis yang cantik. "Dulu gula jawa sekarang gula pasir, saya nulis lancar tetapi saat menceritakan ia telah tiada saya nangis," ujarnya.
Penulis: Ferdinand Waskita;Editor: Ade Mayasanto

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra