Biografi Antoine Henri Becquerel - Penemu Radioaktivitas

Biografi Antoine Henri Becquerel (1852-1908) - Antoine Henri Becquerel adalah ahli fisika terkemuka, warga negara Prancis, guru besar, doktor, presiden dan sekretaris Academie des Sciences, dan pengarang. Pada tahun 1896 ia menemukan radioaktivitas. Kemudian Pierre Curie dan Marie Curie mempelajari radioaktivitas lebih lanjut. Pada tahun 1903 Becquerel, Pierre Curie, dan Marie Curie mendapatkan hadiah nobel untuk fisika. Karena menemukan radioaktivitas, Becquerel disebut bapak fisika nuklir dan bapak fisika atom modern.

Biografi Lengkap Penemu Radioaktivitas, Antoine Henri Becquerel

Becquerel lahir pada tanggal 15 Desember 1852 di Paris dan meninggal pada tanggal 25 Agustus 1908 di Le Croisic pada umur 56 tahun. Ayahnya ahli fisika. Demikian pula kakeknya. Nama ayahnya Alexandre Edmond Becquerel. Nama kakeknya Antoine Cesar Becquerel. Baik ayah maupun kakeknya adalah ahli fisika terkenal di Prancis. Tapi Becquerel terkenal di seluruh dunia. Pada umur 20 tahun ia kuliah di Ecole Polytechnique. Tiga tahun kemudian ia diangkat jadi dosen pada perguruan tinggi tersebut. Pada umur 26 tahun ia jadi guru besar di Musee d’Histoire Naturelle, menggantikan ayah dan kakeknya. Pada umur 36 tahun ia mendapatkan gelar doktor untuk sains. Tahun berikutinya ia diterima sebagai anggota Academie des Sciences (Lembaga Ilmu Pengetahuan Prancis). Pada umur 43 tahun (1895) ia diangkat jadi guru besar fisika di Ecole Polytechnique. 

Roentgen menemukan sinar-X pada tahun itu juga. Penemuan ini sangat menarik perhatian Becquerel. Sinar-X berasal dari tempat yang berpendar di dalam tabung sinar katoda. Becquerel lalu berfikir apakah tidak ada benda lain yang juga dapat memancarkan sinar yang kuat daya tembusnya. Ia segera membuat eksperimen. Ia membungkus film foto dengan kertas hitam supaya tidak terkena sinar matahari. Kemudian ia menaruh sebuah Kristal di atas kertas hitam. Bila kena sinar matahari Kristal akan mengeluarkan sinar. Bila kuat daya tembusnya, sinar itu akan menembus kertas hitam dan mempengaruhi film. Bila dicuci film itu akan tampak seperti berkabut dan menggambarkan Kristal tersebut.

Pada suatu hari tidak ada sinar matahari karena cuaca mendung. Becquerel secara kebetulan menaruh Kristal yang mengandung bijih uranium di atas kertas hitam. Di bawah kertas hitam ada film. Benda itu ia simpan di laci. Beberapa waktu kemudian, ia mengambil film dari laci dan mencucinya. Apa yang ia lihat? Pada film tertera jelas gambar Kristal. Apakah artinya itu? Itu berarti bahwa bijih uranium memancarkan sinar yang kuat daya tembusnya. Becquerel menceritakan gejala ini kepada Marie Curie. Marie Curie menamakan gejala itu Radioaktivitas dan sinar yang berasal dari bijih uranium itu, ia namakan sinar- Becquerel. Beberapa tahun kemudian para ilmuwan tahu bahwa radioaktivitas terdiri dari sinar alfa, beta, dan gamma. 

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra