Profil SLB Miftahul Falah, Cimaung - Banjaran, Kabupaten Bandung ...

http://1.bp.blogspot.com/-tv5NVhqbo6s/UVpkcmkjdBI/AAAAAAAACjE/XDJFZAEPNOQ/s400/slb2.jpg


SLB Miftahul Falah merupakan salah satu mitra binaan Mitra Baraya dalam bidang sosial dan pengembangan potensi sumber daya manusia. SLB ini berada di bawah naungan Yayasan Miftahul Falah yang beralamat di Desa Malasari, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. SLB Miftahul Falah terbentuk dari niat salah seorang warga masyarakat yang difasilitasi dan didukung sepenuhnya oleh yayasan untuk mendidik dan mengembangkan potensi anak-anak berkebutuhan khusus yang ada di wilayah desa malasari yang belum tersentuh sama sekali oleh layanan pendidikan terutama pendidikan khusus. Dengan realita tersebut, banyak sekali anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) di wilayah ini yang terdiskriminasi, baik oleh lingkungan sekitar maupun lingkungan keluarga mereka sendiri pada saat itu.




Banyak di antara sebagian masyarakat dan keluarga yang menganggap keberadaan anak berkebutuhan khusus menjadi beban bagi masyarakat dan keluarganya saja yang menyebabkan ABK ini menerima perlakuan yang kurang wajar dari lingkungan bahkan keluarganya. Banyak yang mengalami ejekan bahkan hinaan dari lingkungan sekitar bahkan ada pula di antara mereka yang diasingkan dan dibiarkan hidup sendiri di rumah yang kosong oleh keluarganya.

Dari sanalah Yayasan Miftahul Falah, para guru, dan tokoh masyarakat berinisiatif untuk segera membangun Sekolah Luar Biasa (SLB) sebagai tempat bagi anak-anak berkebutuhan khusus memperolah layanan pendidikan yang layak tanpa harus merasa ketakutan dan ejekan dari lingkungan sekitar. Sampai 2013, SLB Miftahul Falah telah menumpang anak didik sejumlah 39 siswa.




Keadaan bangunan yang dimiliki oleh SLB Miftahul Falah pada saat ini terdiri:

• 1 unit ruang belajar terdiri dari 2 lokal

• 1 ruang kepala sekolah

• 1 WC murid

• 1 Dapur

• Perpustakaan


Dalam perjalanannya SLB Miftahul Falah beroperasi dari dana bantuan pemerintah, baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi, maupun Kabupaten, seperti dengan adanya Dana BOS, Beasiswa maupun Bantuan Gubernur (BAGUS). Akan tetapi, apabila melihat kebutuhan yang diperlukan oleh siswa berkebutuhan khusus sangatlah banyak dan memiliki tingkat harga yang relatif mahal dibandingkan dengan kebutuhan yang diperlukan oleh SD maupun SMP. Kebutuhan yang diperlukan oleh sekolah harus menyesuaikan dengan kebutuhan siswa didik yang relatif memiliki kebutuhan berbeda-beda antara satu anak dengan anak yang lainnya. Dengan demikian, dibutuhkan dana yang cukup banyak untuk dapat melayani anak secara optimal.







Source http://www.mitrabaraya.com/2013/04/profil-slb-miftahul-falah-cimaung.html

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra