bBiografi/b Vannevar Bush - Penemu Komputer Analog bBiografi/b Tokoh b.../b

Biografi Vannevar Bush - Penemu Komputer Analog (1890-1947) - Bush adalah insinyur listrik, doctor, guru besar, pengarang, warga Amerika Serikat, administrator, pejabat pemerintah dan penemu. Ia menemukan 50 buah penemuan antara lain komputer analog yang ia beri nama Differential Analyzer (alat penganalisis aljabar tinggi), yang mampu menghitung persamaan aljabar tinggi. Bush lahir di Everett, Massachusetts, Amerika Serikat pada tanggal 11 Maret 1890 dan meninggal pada tanggal 28 Juni 1974 pada umur 84 tahun.

Biografi Lengkap Vannevar BushBush bersekolah di daerah Boston. Kemudian ia kuliah di Universitas Tufts. Tapi ia mendapat gelar doctor dari Institute Teknologi Massachusetts dan Universitas Harvard pada umur 26 tahun. Tiga tahun kemudian ia diangkat jadi guru besar Institute Teknologi Massachusetts. Sebelumnya ia jadi dosen di Universitas Tufts. Selama 6 tahun (1932-1938 ) ia jadi dekan dan wakil rector Institute Teknologi Massachusetts. Pada akhir tahun 1920 ia membuat alat  penganalisis yang mampu menciptakan model jaringan listrik yang besar. Sejak tahun 1930 ia membuat alat penganalisis aljabar tinggi yang mumpu memecahkan persamaan aljabar tinggi. Satu abat sebelumnya Kelvin, ahli fisika Ingggris, dan Babbage ahli matematika Inggris, Kelvin membuat teorinya, Babbage membuat pesawatnya, tapi gagal di tengah jalan.

Vannevar Bush juga mengembangkan pesawat pencarian informasi, yang di sebut Rapit Selector. Pesawat ini menggunakan kode dan mikro film. Namun pesawat ini tidak di pakai secara luas. Meskipun demikian pesawat tersebut mempunyai dampak yang positif ialah menyebabkan para ahli berminat membuat pesawat untuk mengkoordinasikan informasi yang sangat banyak dan bemacam-macam jenisnya.

Pada tahun 1941 Bush diangkat jadi kepala Badan Pengembangan dan Riset Ilmiah. Waktu itu dunia sedang dilanda perang dunia II. Bush mendapat tugas memberi nasihat kepada pemerintah tentang pembuatan senjata baru. Ia mengkoordinasikan riset ilmiah untuk rencana pembuatan bom atom.

Apakah komputer itu? Kata komputer berasal dari kata latin komputer yang berarti menghitung dan compotator yang artinya penghitung. Semua alat untuk menghitung disebut komputer misalnya suipoa (abacus, dekak-dekak), kalkulator, mesin hitung (cash register). Komputer analog yang paling sederhana adalah thermometer, spidometer dan alat ukur berat badan.

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra