May 7, 2013

Biografi Melvin Calvin - Penemu Jalur Fotosintesis | Biografi Tokoh ...

http://4.bp.blogspot.com/-c-PqK5e4EZA/UX3BPPIhY_I/AAAAAAAAAVI/MqPqkGWzz4I/s1600/Biografi+Melvin+Calvin+-+Penemu+Jalur+Fotosintesis.jpg


Biografi Melvin Calvin - Melvin Calvin adalah ahli biokimia Amerika Serikat penemu jalur fotosintesis dan pemenang Hadiah Nobel, pengarang, doctor, guru besar dan anggota Lembaga Ilmu Pengetahuan Inggris dan Amerika Serikat. Ia lahir di St. Paul, Minnesota, Amerika Serikat. Orang tuanya imigran dari Rusia. Pada umur 20 tahun Calvin mendapat gelar Sarjana Muda tambang dan teknologi dari Michigan College. Empat tahun kemudian ia mendapat gelar doctor kimia dari Universitas Minnesota.


Biografi Penemu Jalur Fotosintesis, Melvin Calvin

Pada tahun 1935 ia pergi ke Inggris dan bekerja di Universitas Manchester. Sejak itu ia mulai tertarik pada biokimia. Dua tahun kemudian ia kembali ke Amerika dan mengajar di Universitas California di Berkeley. Bersama Gerald E.K. Branch, ia mengarang buku berjudul "Teori Kimia Organik " dan terbit pada tahun 1941. Empat tahun kemudian ia mulai mengadakan penelitian di bidang fotosintesis.



Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan dan oksigen pada tumbuhan dari cahaya matahari, karbondioksida, air dan mineral. Proses ini adalah proses biokimia yang terpenting di dunia, karena semua tumbuhan, hewan dan manusia, hidupnya tergantung pada makanan dan oksigen. Namun sangat sayang bahwa reaksi fotosintetik tidak dapat diselidiki dalam tabung-tabung percobaan di laboratorium. Proses ini harus di pelajari secara keseluruhan dan harus terjadi dalam sel-sel tumbuhan yang masih hidup. Tahap- tahapannya sulit sekali diteliti, karena proses tersebut berjalan sangat cepat. Untuk mengatasi hal ini Calvin dan teman sekerjanya menggunakan karbondioksida radioaktif yang mengandung isotop karbon-14.

Pada tahun 1946 Calvin membentuk grup biokimia organik pada Laboratorium Radiasi Lawrence. Metode-metode penelitiannya ia terbitkan jadi buku dengan judul Isotop Carbon (1949). Namun penelitian Calvin beserta teman sekerjanya berlangsung sangat lambat. Baru pada akhir tahun 1956 mereka tahu pasti bagaimana tumbuhan membuat gula, vitamin dan zat-zat makanan yang lain. Bersama James A. Bassham, ia membuktikan penelitiannya dengan judul “Fotosintesis Senyawa Karbon ” (1962).







Source http://www.biografi-tokoh.com/2013/05/biografi-melvin-calvin-penemu-jalur.html

No comments:

Post a Comment