Biografi Walter Houser Brattain - Penemu Transistor | Biografi Tokoh ...

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjLZuLwGskUiyb9vzbYEVaxCnK0l9c2hVjZAZs84SFQy3SBPO7Jf9yk0VYDiPoc4L-F-ialDC0MrcpD4C5jUhNC7MRl3XfA95PKDRzYoJttgiHNjzrDter6zbxCEohBxQk0XDgSXtraP90/s320/Biografi+Walter+Houser+Brattain+-+Penemu+Transistor.jpg


Biografi Walter Houser Brattain - Penemu Transistor (1902) - Walter H. Brattain adalah ahli fisika Amerika Serikat. Bersama William Shockley dan John Bardeen, ia menemukan transistor pada tahun 1947. Sembilan tahun kemudian (1956) ketiga ahli fisika itu menerima Hadiah Nobel untuk fisika karena mereka menyelidiki semikonduktor dan menemukan transistor. Ketiga orang itu adalah ilmuwan yang bekerja untuk Laboratorium Telepon Bell.



Brattain lahir di Amoi, Cina pada tanggal 10 Februari1902. Pada umur 22 tahun ia lulus dari Whitman College, Walla-Walla, Washington. Dua tahun kemudian ia lulus dari Universitas Oregon. Pada umur 27 tahun ia lulus dari Universitas Minnesota. Selama 38 tahun (1929-1967) ia bekerja sebagai ahli fisika riset di Laboratorium Telepon Bell. Di tempat ini Brattain bertugas mempelajari semikonduktor. Semikonduktor adalah penghantar listrik yang kurang baik mutunya jika dibandingkan dengan konduktor. Contoh konduktor adalah logam. Contoh semikonduktor adalah silikon dan germanium.

Walter Houser Brattain selalu bekerja sama dengan William Shockley dan John Bardeen. Pada tahun 1947 (sumber lain menyebut 1948) ketiga orang itu menemukan transistor (transfer resistor). Transistor adalah alat untuk memperkuat, mengatur dan membangkitkan sinyal listrik. Transistor banyak dipakai didalam radio, televise, komputer, roket dan satelit. Sebelum tahun 1950 radio menggunakan tabung hampa. Sesudah tahun tersebut orang lebih suka menggunakan transistor karena lebih ringan, lebih kecih, lebih awet, lebih tahan panas, lebih efisien dan lebih hemat energy daripada tabung hampa. Penemuan transistor membuka lembaran baru sejarah elektronika.







Source http://www.biografi-tokoh.com/2013/04/biografi-walter-houser-brattain-penemu.html

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra