Biografi Arthur Jeffrey Dempster - Penemu Spektrometer Massa

Biografi Arthur Jeffrey Dempster (1886-1950) - Arthur Jeffrey Dempster adalah ahli fisika Amerika Serikat, doktor, guru besar, penemu spektrometer massa (1918), uranium 235, dan banyak isotop stabil. Ia lahir di Toronto, Canada, pada tanggal 14 Agustus 1886 dan meninggal di Stuart, Florida, Amerika Serikat, pada tanggal 11 Maret  1950 pada umur 64 tahun. Setelah lulus dari Universitas Toronto (1910), ia pergi ke Jerman untuk memperdalam pengetahuannya. Ketika pecah perang dunia I (1914) ia pindah ke Amerika dan masuk warga negara Amerika Serikat (1918). Ia mendapat gelar doktor (1916) dari Universitas Chicago dan jadi guru besar fisika (1919) pada Universitas tersebut sampai ajalnya (1950).

Spektrometer massa adalah alat untuk mengukur kuantitas bermacam-macam inti atom dalam suatu bahan. Alat ini berguna untuk menganalisis komposisi kimia dan untuk menentukan berjenis-jenis isotop suatu unsur. Pada tahun 1936 bersama Kenneth T.Bainbridge, ahli fisika Amerika Serikat dan J.H.E Mattauch, ahli fisika Austria, Dempster membuat spektrograf massa berfokus ganda untuk mengukur massa inti atom. Ia selalu berusaha memperbaiki mutu spektrograf massa. Dengan spektrograf yang sudah diperbaiki, ia dapat menganalisis bahan-bahan yang yang tak dapat diperoleh dalam bentuk gas dengan lebih cepat.

Orang yang paling banyak menemukan isotop adalah Francis William Aston, ahli fisika Inggris. Tapi anehnya Aston tidak berhasil menemukan isotop Uranium-235, bahan bakar utama untuk bom atom.  Uranium-235 juga dipakai sebagai bahan bakar dalam reactor nuklir untuk menghasilkan tenaga atom.

Comments

Popular posts from this blog

Zackia Arfan Presenter Cantik MetroTV

Daftar Contact Artis 2014