Biografi Lee De Forest - Penemu Triode atau Tabung Audion

Biografi Lee De Forest (1873- 1961) - De Forest adalah ahli fisika Amerika Serikat, penemu triode (1906), bapak radio, kakek televisi, doktor fisika dan menciptakan 300 penemu . Pada tahun 1912 ia menemukan bahwa triode dapat dipakai sebagai penguat sinyal listrik dan pembangkit osilasi. Trioda atau tabung Audion adalah alat yang sangat penting yang banyak dipakai pada radio, telepon, radar, televisi dan komputer. Tapi sejak tahun 1947 trioda diganti oleh transistor. Meskipun demikian, De Forest termasuk tokoh terkemuka di bidang elektronik.

Biografi Lengkap Penemu Triode atau Tabung Audion, Lee De Forest
De Forest lahir di Council Bluff, Iowa, Amerika Serikat, pada tanggal 26 Agustus 1873 dan meninggal di Hollywood, California, pada tanggal 30 Juni 1961 pada umur 88 tahun . Ayahnya pendeta dan menginginkan  De Forest jadi pendeta juga.  Pada waktu De Forest berumur 6 tahun, ayahnya pindah ke Alabama. Orang baik atau pendeta baik selalu membela golongan tertindas. Demikian pula ayah De Forest. Ia mendirikan sekolah untuk orang-orang Negro meskipun mendapat tantangan hebat dari orang-orang kulit putih.  De Forest  memihak ayahnya dan banyak berteman dengan anak Negro. Meskipun ia dididik dengan disiplin keras agar jadi pendeta, namun minatnya tercurah pada mesin dan bukan pada ilmu ketuhanan. Pada umur 30 tahun ia gemar membuat mesin uap mini dan lokomotif mini

Pada tahun 1893 pada umur 20 tahun, ia diterima di Universitas Yale, sebuah perguruan tinggi yang cukup baik mutunya. Karena uang saku dari ayahnya terbatas, maka ia mengikuti kuliah sambil bekerja kasar. Sebenarnya ia tidak termasuk mahasiswa yang cerdas. Miskipun demikian dengan susah payah ia berhasil menggondol gelar doktor untuk bidang fisika pada tahun 1899. Disertasinya tentang gelombang radio.

Sesudah mendapat gelar doktor, ia bekerja pada Western Electric Company di Chicago. Berturut-turut ia bekerja di bagian dynamo, telepon dan labolatorium eksperimen. Pada tahun 1902 ia mendirikan  perusahaan telegram. Pada tahun 1907 ia mendirikan perusahaan telepon. Tapi kedua perusahaan itu bangkrut, karena ia tak berbakat jadi pengusaha. De Forest tidak dapat memiih karyawan yang baik dan mudah ditipu orang. Ia sendiri orang yang selalu bimbang, sukar mengambil keputusan, individualis, dan egosentris. Jalan hidupnya berliku-liku kawin 4 kali dan sering berurusan dengan pengadilan.

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra