Biografi Rene Descartes - Bapak Filsafat Modern

Biografi Rene Descartes (1596-1650) - Rene Descartes adalah ahli filsafat dan matematika Prancis, pengarang, penemu geometri analitik, penemu cara berpikir rasionalistik hingga disebut bapak filsafat modern. Ia lahir di La Haye, Touraine, Prancis, pada tanggal 31 Maret 1596 dan meninggal di Stockholm, Swedia, pada tanggal 1 Februari 1650. Ia tidak pernah menikah meskipun pernah punya anak bersama pembantunya. Namun anak itu meninggal dan menyebabkan kesedihan yang dalam. Ayahnya hakim dan pengacara kaya. Ketika Descartes baru berumur satu tahun, ibunya meninggal ayahnya kawin lagi. Sejak itu ia tidak pernah melihat ayahnya lagi.

Descartes adalah anak yang sangat cerdas, suka berpikir dan suka menyendiri. Pada waktu ayahnya meninggal dan saudaranya sekandung menikah, ia tak mau datang. Pada umur 8 tahun ia masuk Royal College yang dikelola pastur-pastur Yesuit. Ia belajar di tempat itu selama 10 tahun. Ia mendapat pelajaran bahasa Yunani, Latin, Prancis, musik, drama, mengarang, bermain anggar dan naik kuda. Pada tahun kuliah terakhir ia belajar filsafat, moral dan matematika. Tapi ilmu pengetahuan yang ia terima hanya menimbulkan keraguan di dalam jiwanya kecuali matematika. Karena kesehatannya lemah, ia diperbolehkan terlambat kuliah atau tidak mengikuti kuliah. Meskipun demikian pada tahun 1616 pada umur 20 tahun, ia berhasil menggondol gelar ahli hukum. Sesudah itu ia mengembara dan jadi tentara di Jerman dan Belanda.

Pada suatu malam ia bermimpi. Dalam mimpi itu ia mendapat tugas menyusun dasar untuk segala ilmu dengan satu metode. Sejak itu ia bermaksud hidup untuk mencari kebenaran atau sebagian kebenaran, sebab pada zaman itu yang disebut benar adalah kata-kata pejabat, baik pejabat negara, gereja atau pendidikan. Descartes mulai berpikir keras. Ia mulai meragukan segalanya. Ia meragukan adanya dunia, adanya Tuhan, bahkan adanya dirinya. Benarkah Tuhan ada? Benarkah dunia ada? Benarkah badanku ada?  Akhirnya ia sampai pada kesimpulan ini, "Karena saya ragu, maka saya berpikir. Karena saya berpikir, maka saya ada".

Comments

Popular posts from this blog

Zackia Arfan Presenter Cantik MetroTV

Daftar Contact Artis 2014