Biografi Park jae Sang (PSY) - Penyanyi Gangnam Style yang Mendunia

Rapper Park Jae-sang atau yang lebih dikenal dengan inisial PSY sedang digandrungi oleh masyarakat dunia belakangan ini. Pasalnya, salah satu lagunya yang berjudul “Gangnam Style” menjadi perhatian dunia berkat tariannya yang kocak, energic dan juga lucu. Park merupakan seorang penari, penulis lagu dan produser rekaman di Korea. Ia telah muncul di berbagai program televise seperti Saturday Night Live dan The Today show.

Video musiknya “Gangnam Style” adalah video musik K-pop yang paling sering dilihat di Youtube dengan lebih 340 juta view dan 3.2 juta like per 1 Oktober 2012.

Biografi
Biografi penyanyi Gangnam Style ini menunjukan bahwa ia lahir di Gangnam District , Seoul, Korea Selatan. Tanggal lahirnya adalah 31 Desember 1977. Ia memulai pendidikan dasar dan menengah di Banpao, kemudian pendidikan tinggi di Sehwa. Saat kuliah, ia hijrah ke Amerika tepatnya di Boston University dan mengikuti kelas musik di Brklee College of Music.

Awal debutnya dimulai di bulan Januari 2011 denan sebuah album berjudul PSY.. from the Psyco World. PSY memang dikenal sebagai seorang penyanyi yang aneh semenjak pertama kemunculannya. Tidak heran juga, sebagai seorang penyanyi Korean Pop yang identik dengan gerakan tari yang indah dan juga enerjik, Park Jae San malah memilih gaya menari yang tidak biasa, aneh, penampilan tidak konvensional dan lirik-lirik lagu yang tumpul. Karena itu ia dijuluki “Bizzare Singer” dan tepatnya, ia juga menggambarkan bahwa dirinya tidak mengikuti trend musik K-pop yang rata-rata sama.

Album keduanya rilis setahun setelahnya. Album berjudul Ssa 2 ini memicu komentar negative seperti album pertama. Album pertamanya dituduh berisikan konten yang tidak pantas dan album kedua disinyalir akan berpengaruh negative bagi generasi muda Korea.

Dalam biografi PSY Gangnam Style ini, Gelar Bizzare Singer kemudian ditambah sebagai seniman yang Kontroversial setelah beredarnya album ini. sebagai lanjutannya, album SSA 2 dilarang dijual bagi remaja usia 19 tahun kebawah.
Album ketiga akhirnya dirilis bulan September 2002 melalui internet/ album berjudul Champion ini mencapai sukses dibandingkan dua album sebelumnya karena temanya sesuai dengan gegap gempitanya piala dunia yang diadakan di Seoul.

Sempat pindah haluan ke bidang hiburan, PSY akhirnya kembali ke jalur musik saat K-pop sedang merajalela di dunia, yaitu tahun 2010. album terbaiknya dirilis pada tahun 2012 yang mengemas Gangnam Style di dalamnya.

PSY’s Best 6th part 1 merupakan album studio ke-6 yang dirilis rapper ini. album ini menjadi dua bagian dan bagian pertama dirilis pada 25 Juli 2012. Ada 6 lagu yang mengisi album ini, diantaranya Blue Frog, Passionate Goodbye, Gangnam Style, Year of 77, What Would Have Been? Dan Never Say Goodbye.

Lagu paling populer belakangan ini, Gangnam Style menjadi sorotan internasional berkat koreografinya yang unik. Video ini menjadi peringkat pertama di Youtube pada tanggal 14 Agustus 2012. selain itu, gangnam Style juga menyalip Justin Bieber dengan lagunya As Long As You Love Me di iTunes Music Char Video. Selain itu yang paling menghebohkan, ada puluhan video Gangnam Style yang dilakukan sekelompok orang di berbagai negara, termasuk Indonesia.


Bukan hanya di Youtube, PSY juga menghebohkan twitter. Kunci suksesnya adalah yang men-tweet- adalah para selebriti dunia. Selebriti pertama yang men-tweet Gangnam Style adalah T-Pain,  seorang rapper Amerika. Selain itu juga ada Scooter Braun, Katy Pery dan Britney Spears. Tweet inilah yang mengundang para fans selebriti diatas untuk melihat video yang dimaksud, me-lika dan akhirnya men-sharenya.

Singkat kata, berkat sukses Gangnam Style, PSY kini menjadi terkenal dan muncul di sejumlaha cara internasional seperti The Ellen DeGeneres Show dan mengajarkan Britney Spears menari ala Gangnam Style pada tanggal 11 September 2012, dia juga muncul di The Today Show tanggal 14 September, serta Saturday Night Live pada keesokan harinya.

Biografi PSY penyanyi Gangnam Style ini juga berhasil sejumlah penghargaan, seperti VEVO Certified Awards pada tahun 2012 untuk videonya yang kocak tersebut.


Selain penyanyi, PSY juga bermian dalam beberapa judul film diantaranya Mong Jung Gi pada tahun 2002 dan 2005. Sebagai pencipta lagu, ia juga pernah menciptakan lagu untuk beberapa penyanyi dengan genre berbeda. Lagu paling terkenal adalah lagu Because You Are My Women yang dinyanyikan Lee Seung Gi.

Comments

Popular posts from this blog

Profile dan biodata Angkasa Band

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra