Jul 23, 2014

Menyusun Teks Biografi (KD 4.2) - Pelajaran Bahasa Indonesia di ...

http://ift.tt/1pd2TXH



Menyusun Teks Biografi (KD 4.2)--

Sudah memelajari materi ini tadi? Masih kurang paham? Tak apa, namanya juga belajar. Kita tak bisa selalu harus bisa sekali memelajarinya. Mudah-mudahan penjelasan ini dapat 'merekatkan' kembali pemahaman kamu atas pembelajaran yang dilakukan gurumu di sekolah tadi.



Pada pertemuan sebelumnya, kamu sudah mengikuti pembelajaran tentang memahami teks biografi. Dalam pertemuan tersebut, kamu sudah paham model teks biografi itu seperti apa dan bagaimana struktur teks-nya. Nah, kali ini dilanjutkan dengan menyusun teks biografi. Kalian akan menyelesaikan KD ini dengan melalui tahap menyusun teks biografi secara berkelompok dan menyusun teks biografi secara mandiri (individu).

Dalam kegiatan inti, guru kamu memulai pembelajaran dengan meminta kamu mengamati teks biografi acak (berupa teks yang telah digunting). Kamu lantas mencoba mengingat kembali pelajaran sebelumnya tentang struktur dan ciri-ciri bahasa yang terdapat dalam teks biografi. Jika belum jelas, kamu bisa mempertanyakannya pada teman atau gurumu.

Secara berkelompok, kamu pun mencoba menyusun teks biografi yang masih acak itu berdasarkan pemahamanmu tentang struktur teks sambil belajar juga dari berbagai sumber. Dalam tahap mengasosiasi (menalar), kamu perlu juga mengelompokkan teks yang kamu susun itu sesuai struktur teks-nya. Terakhir, melalui perwakilan kelompok, kamu mempresentasikan hasil kerja pengurutan teks sesuai struktur teks tersebut. Kelompok lain memberikan tanggapan

Setiap tahap, kamu juga dinilai dari segi sikap selain keterampilan kamu menyusun teks biografi tersebut.


Untuk menunjang keberhasilan kamu mengikuti pembelajaran unit ini, kamu harus menguasai:

1. Struktur teks biografi

2. Unsur kebahasaan: konjungsi, kata rujukan, kata kerja tindakan, kalimat tunggal dan kalimat majemuk.

3. Mengidentifikasi hal yang patut diteladani


Selamat belajar calon pemimpin bangsa....







Source http://ift.tt/1pd2S67

No comments:

Post a Comment

SLAWI.net | Powered by Blogger