Biografi Aristoteles - Bapak Ilmu Pengetahuan

Biografi Aristoteles (384-322 SM) - Aristoteles adalah ahli filsafat terbesar didunia sepanjang zaman. Ia sering disebut bapak peradaban barat, bapak ensiklopedi, bapak ilmu pengetahuan atau gurunya para ilmuwan. Ia menemukan logika (ilmu mantik: pengetahuan tentang cara berpikir dengan baik, benar dan sehat). Ia menemukan biologi, fisika, botani, astronomi, kimia, meteorologi, anatomi, zoology, embriologi dan psikologi eksperimental. Meskipun sudah 2.000 tahun lebih, istilah-istilah ciptaan Aristoteles masih dipakai sampai hari ini, misalnya: informasi, relasi, energy, kuantitas, individu, substansi, materi, esensi dan sebagainya.

Ia mengarang lebih dari 50 buah buku dengan uraian yg sistematis, jelas dan dalam. Dialah orang yang pertama didunia yang dapat membuktikan bahwa bumi bulat dengan jalan melihat gerhana. Dialah yang membagi kata jadi 10 jenis: kata kerja, kata benda, kata sifat dan sebagainya. Dialah yang mengatakan bahwa manusia adalah makhluk social, bahwa tiap pernyataan harus dibuktikan kebenarannya, bahwa kunci pengetahuan adalah logika dan dasar pengetahuan adalah fakta. Menurut Aristoteles semua yang bergerak di alam semesta ini bergerak menuju Tuhan. Ia juga mengatakan bahwa orang yang ingin bahagia harus berbuat baik sebanyak-banyaknya.

Bioragrafi Bapak Ilmu Pengetahuan, Aristoteles


Aristoteles lahir di Stagirus, Macedonia, pada tahun 384 SM dan tutup usia di Chalcis, Yunani pada tahun 322 SM. Ayahnya bernama Nicomachus, dokter di istana Amyntas III, raja Macedonia, kakek Alexander Agung. Tapi pada waktu Aristoteles berumur 15 tahun, ayahnya meninggal. Aristoteles lalu dipelihara oleh Proxenus, saudara ayahnya. Pada umur 17 tahun Aristoteles masuk akademik milik Plato di Athena. Ia jadi murid plato selama 20 tahun.

Sesudah Plato meninggal pada tahun 347 SM. Aristoteles meninggalkan Athena dan mengembara selama 12 tahun. Ia mendirikan akademik di Assus. Di sini ia kawin dengan Herpyllis. Dengan Herpyllis ia mendapat anak laki-laki yang ia beri nama Nicomachus, seperti nama ayahnya. Aristoteles juga mendirikan akademik di Mytilene sambil jadi guru Alexander Agung selama 3 tahun.

Pada tahun 335 SM. Aristoteles mendirikan semacam akademik di Lyceum, Athena. Disini ia memberikan kuliah, berpikir, mengadakan riset dan eksperimen serta membuat catatan-catatan dengan tekun dan cermat. Ia berbuat begitu selama 12 tahun. Ketika Alexander Agung meninggal pada tahun 323 SM. Aristoteles melarikan diri ke Chalchis karena takut dibunuh orang Yunani yang membenci pengikut Alexander. Tapi tahun berikutnya Aristoteles meninggal juga pada usia 62 tahun.

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra