Biografi Sir Richard Arkwright - Penemu Sistem Pintal

Biografi Sir Richard Arkwright  (1732-1792) - Beliau adalah penemu mesin pintal (1769), bapak sistem pabrik, pengusaha industri tekstil, perwira tinggi polisi, warga negara inggris. Ia lahir di Preston, Lancashire, Inggris, pada tanggal 23 desember 1792 dan meninggal di Cromford, Derbyshire, Inggris, pada tanggal 3 agustus 1792 pada umur 60 tahun.

Berikut Biodata Lengkap Penemu Sistem Pintal, Richard Arkwright

Arkwright anak bungsu. Ia tidak tamat SD. Pada umur 10 tahun ia bekerja sambil belajar pada tukang pangkas rambut. Sesudah jadi tukang pangkas rambut beberapa bulan ia bekerja sambil belajar pada tukang membuat wig (rambut tiruan). Sesudah itu ia jadi pembuat wig dan mengembara hampir keseluruh Inggris untuk menjual wig. Selama menjelajah desa ia sering melihat orang memintal benang dan menenun kain. Pada umur 20 tahun ia kawin dengan Patience Holt. Pada tanggal 19 desember 1755 anaknya yang pertama lahir. Anak itu laki-laki dan diberi nama Richard. Tapi tahun berikutnya Patience Holt meninggal. Enam tahun kemudian ia kawin lagi dengan Margaret Biggins dan dikaruniai anak perempuan. Arkwright mendapat harta warisan dari ayahnya. Dengam harta itu ia mendirikan toko wig.

Tapi wig tidak menghasilkan banyak untung baginya. Benda yang seperti rambut ialah benang, mulai menarik perhatiannya. Harga benang sangat mahal karena pada waktu itu di Inggris belum ada pabrik, belum ada mesin dan belum ada listrik. Bahkan mesin uap pun belum ada. Kain kipas masih diimpor dari india dan harganya sangat mahal. Di Inggris hanya ada benang wol, linen (rami) dan sutera. Wol dan rami terlalu kasar sedangkan sutera terlalu halus. Pada usia sekitar 20 tahun, Arkwright mulai berpikir cara memintal (membuat) benang kapas yang kuat.

Pada waktu itu sudah ada alat pintal benang. Tapi sebuah alat pintal hanya menghasilkan seutas benang. Pada tahun 1764 Hargreaves membuat alat pintal yang dapat menghasilkan 30 benang. Tapi benang yang dihasilkan Hargreaves kurang kuat. Setelah bekerja keras selama 5 tahun, pada tahun 1769 Arkwright berhasil membuat alat pintal yang lebih baik. Benang yang dihasilkannya lebih tinggi mutunya daripada benang buatan Hargreaves.

Dua tahun kemudian (1771) di Cromford, Arkwright mendirikan pabrik pintal benang yang pertama di dunia. Pabrik itu bertenaga air dan dapat menghasilkan benang bermutu tinggi dengan cepat sekali. Tapi buruh-buruhnya mulai kuatir. Mereka mengira, bila produksi benang sudah terlalu banyak, mereka akan dipecat. Maka mereka mulai berontak dan menghancurkan pabrik itu. Namun kesulitan belum behenti disini. Dari berbagai pihak protes dan tuduhan. Arkwright dituduh mencuri hasil penemuan orang lain. Arkwright diseret kepengadilan. Ia kalah dan ia kehilangan hak patennya. Tapi karena sifatnya yang sabar dan suka humor, dengan bantuan sahabat-sahabatnya akhirnya ia dapat mendirikan industry pemintalan di beberapa tempat. Menjelang tahun 1789 ia mempunyai 8 pabrik pemintalan, yang ada 5 buah yang terletak di Derbyshire. Sebelas pabrik milik orang lain menggunakan mesin pintal buatan Arkwright. Pada tahun 1782 ia mempunyai 5.000 karyawan dan modal sebesar $200.000 atau kira-kira 269 juta rupiah.

Zaman sekarang seluruh dunia mengakui bahwa Sir Richard Arkwight-lah yang menemukan mesin pintal bertenaga air. Ia bekerja 16 jam sehari. Karena tidak tamat SD, Ia merasa harus mengejar ketinggalannya. Pada malam hari sampai umur 50 tahun ia belajar tata bahasa dan pengetahuan yang lain. Ia meninggal sebagai jutawan. Enam tahun sebelum meninggal (1786) ia menerima gelar bangsawan dari raja GeorgeIII.

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra