Biografi Howard Hathaway Aiken - Penemu Komputer Digital

Biografi Howard Hathaway Aiken (1900-1973)  - Howard Hathaway Aiken adalah ahli matematika, warga negara Amerika serikat, dan penemu komputer digital. Komputer itu ia beri nama Harvad Mark I. Howard banyak menulis di majalah-majalah ilmiah mengenai elektronika, teori saklar, dan pemrosesan data.

Howard H. Aiken lahir di Hoboken, New Jersey, Amerika  Serikat, pada tanggal 9 Maret 1900 dan meninggal di St.louis, Missouri, Amerika Serikat, pada tanggal 14 Maret 1973 pada umur 73 tahun. Ia pernah berkuliah di Universitas Wisconsin dan menyelesaikan tingkat doktoralnya di Universitas Harvard pada tahun 1939, kemudian bekerja untuk angkatan laut Amerika Serikat bagian artileri (pasukan meriam).
Howard Aiken menemukan komputer pada tahun 1944. Ia mulai mengerjakannya bersama 3 orang insinyur lainnya (Durfee, Hamilton dan Lake) pada tahun 1939. Komputer adalah mesin hitung elektronik dan  otomatis, yang  dapat menghitung dengan cermat dan cepat sekali, sepeti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan hubungannya dengan hasil sebelumnya. Komputer ini ia beri nama Mark I dan digunakan oleh angkatan laut Amerika Serikat untuk membuat perhitungan yang sangat teliti dan cepat, bila mereka akan menembakkan meriam, meluncurkan roket atau membuat rencana-rencana bangunan yang rumit.

Tinggi komputer yang dibuat Howard H. Aiken ini sekitar 2,4 meter, panjang 15,3 meter, beratnya 35 ton, berisi kabel sepanjang 800 kilometer dan sambungan sebanyak 3.000.000 buah. Perintah dan pertanyaan disampaikan kepada komputer dengan menggunakan pita kertas yang berlubang-lubang. Lubang-lubang itu kode pertanyaan. Kemudian komputer menjawab dengan pita kertas berlubang juga atau langsung dengan kertas yang telah diketik dengan mesin ketik listik. Tiga tahun kemudian Howard Aiken membuat/meluncurkan Mark II (1847) yang lebih sempurna. Atas semua penemuannya ini, Howard Hathaway Aiken disebut sebagai penemu komputer digital dan karna penemuannya ini, Ia mendapat penghormatan dari berbagai negara, antara lain Belgia, Belanda, Jerman dan Perancis.

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra