Biografi Edwin Howard Armstrong - Penemu FM Radio

Edwin Howard Armstrong (1890-1954) - Armstrong  adalah bapak sirkuit, penemu FM radio, penemu sirkuit regenerative dan superheterodin, insinyur listrik, guru besar, jutawan, warga negara Amerika Serikat. Ia tokoh fisika yang besar, setaraf dengan Ampere, Bell, Faraday dan Marconi. Ia lahir pada tanggal 18 Desember 1890 di New York City dan meninggal pada tanggal 1 Februari 1954 di New York City juga pada umur 64 tahun. Ayahnya penerbit buku dan ibunya bekas guru. Armstrong anak pemalu yang sejak kecil tertarik pada mesin, kereta api dan segala peralatan yang di anggapnya aneh.

Pada umur 14 tahun Armstrong membaca tentang telegraf buatan Marchoni. Pada waktu itu Marconi berhasil mengirimkan berita tanpa kawat ke seberang Samudera Atlantik. Tapi kode Morse hanya terdengar sayup-sayup sampai artinya tidak jelas. Sejak itu Armstrong bercita-cita ingin membuat suara radio sejelas mungkin. Pada umur 17 tahun ketika masih di SMA, ia berhasil  membuat sendiri suara radio dirumahnya. Pada umur 19 tahun ia masuk Universitas Columbia. Ia pulang pergi naik sepeda motor merah, hadiah ulang tahun dari ayahnya.

Pada tahun 1907 De Forest menemukan tabung hampa yang bernama triode atau audion. Tabung hampa ini dapat memperkuat suara yang lemah pada batas tertentu. Armstrong segera mempelajari tabung hampa buatan De Forest itu. Lima tahun kemudian (1912) regenerative atau sirkuit feedback. Dengan sirkuit ini tabung hampa buatan De Forest dapat memperkuat suara sampai beribu-ribu kali, hampir mencapai setengah keras suara radio atau televisi zaman sekarang. Tapi akibat penemuan ini terjadilah perdebatan sengit selama 14 tahun di pengadilan. Siapa yang memperkeras suara radio? De Forest atau Armstrong?
De Forest dan Armstrong bertengkar memperebutkan hak cipta atau hak paten. Dua kali merka berdebat di depan Mahkamah Agung Amerika Serikat. Tapi karena hakim tidak tahu tentang seluk-beluk listrik, Armstrong dinyatakan sebagai pihak yang kalah. Namun para ilmuwan menganggap keputusan pengadilan tidak adil dan tidak benar. Para ilmuwan bahkan memberi hadiah Mendali Franklin kepada Edwin Howard Armstrong. Medali Franklin adalah hadiah tertinggi di Amerika Serikat bagi seorang ilmuwan yang berprestasi.

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra