Profil Biodata Komentator Mohammad Kusnaeni

Profil Biodata Komentator Mohammad Kusnaeni -Kita yang suka melihat pertandingan sepakbola pasti pernah mendengar nama Mohammad Kusnaeni menjadi komentator dalam pertandingan sepakbola. Ya, Mohammad Kusnaeniatau yang lebih akrab disapa Bung Kus ini memang telah menjadi komentator bola sejak medio 90an. Bung Kus sendiri sudah malang melintang di sejumlah stasin televisi swasta seperti RCTI, SCTV, TV7 lantaran diminta untuk menjadi komentator dalam acara Piala Dunia, Liga inggris dan pertandingan timnas Indonesia.


Berikut ini sejarah singkat tentang perjalanan Komentaor ulung :
Kusnaeni menjadi komentator sepak bola sejak Piala Dunia 1994 ditayangkan di SCTV. Setelah itu, ia akrab menemani pemirsa siaran Liga Brasil di TPI yaitu sejak tahun 1994 hingga 1995. Namun, sesekali, Kusnaeni saat itu masih muncul juga di SCTV untuk program siaran Liga Inggris.


Nama Kusnaeni mulai mencuat pada 1995 ketika mulai menjadi komentator siaran sepak bola Liga Italia di RCTI. Gaya bertuturnya yang lugas, pilihan kata-katanya yang jernih, dan komentar-komentarnya yang selalu dilengkapi data akurat membuat pemirsa RCTI menyukainya.


Sejak itu, Kusnaeni praktis menjadi komentator andalan RCTI. Presenter Ary Sudarsono pernah menjulukinya "Komputer Berjalan" dan "Perpustakaan Berjalan" saking luasnya wawasan dan pengetahuan Kusnaeni di bidang sepak bola.[rujukan?] Sehingga ia mampu bertahan selama 13 tahun sebagai komentator andalan RCTI dari era Abdul Kadir, Andi Darussalam, Muhammad Basri, Ronny Pattinasarani, Danurwindo, Ronny Pangemanan, hingga Tommy Welly.


Wimar Witoelar yang melejit namanya lewat tayangan talk show Perspektif, juga mengakui keandalan Kusnaeni sebagai komentator. Hal itu ditunjukkannya dengan mengundang Kusnaeni sebagai tamunya dalam talk show Perspektif Baru pada 10 Januari 2005.


Kusnaeni juga pernah terlibat dalam sejumlah program besar yang ditayangkan langsung oleh RCTI. Dari Piala Eropa 1996, Piala Dunia 1998, Piala Eropa 2000, Olimpiade, Asian Games, SEA Games, final Liga Champions UEFA 2005 dan 2007, Piala UEFA, dan lain-lain.


Selain sebagai komentator, Kusnaeni dikenal pula sebagai wartawan olahraga senior di Jakarta. Kusnaeni yang merupakan Sarjana Ilmu Administrasi Negara dan alumnus Analis Jurusan Kimia Institut Teknologi Bandung, menekuni karier jurnalistik sejak tahun 1990 sebagai wartawan Majalah Sepak Bola, Majalah Mobil & Motor, Majalah Vista-TV, Tabloid Paron, Majalah Sportif, hingga sekarang menjadi Wakil Pemimpin Redaksi Harian Olahraga Topskor.


Belakangan Mohammad Kusnaenilebih banyak muncul sebagai komentator di SCTV yakni menjadi komentaor Timnas Indonesia dan Liga Champions Eropa. Meskipun, gaya biicaranya kurang enerjik, namun Bung Kus cukup akurat dalam menganalisa sebuah pertandingan. Berikut ini saya akan memberikan informasi mengenai Profil dan Biodata komentator Mohammad Kusnaeni "Bung Kus":


Profil Biodata:
Nama Lengkap: Mohammad Kusnaeni
Tempat Lahir: CirebonJawa Barat
Tanggal Lahir: 11 September 1967
Pekerjaan: Komentator, Wakil Pemred Majalah TopSkors

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra