pangeran bollywood: Profil dan Biografi Shah Rukh Khan

http://2.bp.blogspot.com/-JI4n486Yxu0/UjJJDK-G9LI/AAAAAAAAAio/nXVn3jwzkvE/s1600/Shahrukh-Khan.jpg



Biodata Shah Rukh Khan

Nama Lahir : Shahrukh Khan

Panggilan : Shahrukh, SRK

Julukan : King Khan, Baadshah of Bollywood, King of Bollywood, King of Romance, Don

Tempat, Tanggal Lahir : New Delhi, 02 November 1965

Agama : Islam

Nama Ayah : Meer Taj Mohammad Khan (1928-1981)

Nama Ibu : Lateef Fatima Khan (1941-1991)

Nama Istri : Gauri Chibba

Tanggal menikah : 25 Oktober 1991

Profesi : Aktor, produser, presenter televisi

Tahun aktif : 1988-sekarang






Latar Belakang Kehidupan :

SRK dilahirkan pada hari Selasa, 02 November 1965 di New Delhi, India. Ibunya mengatakan bahwa ia lahir di bawah bintang Manglik, yang dianggap sial oleh orang Hindu. Dia adalah anak kedua dari dua bersaudara. Kakaknya seorang perempuan yang bernama Shahnaz Lalarukh. Mereka tinggal di Rajinder Nagar, sebuah perumahan sederhana di sebelah barat Delhi. Ibunya sering kurang sabar dalam menghadapi kemiskinan, namun Ayahnya tidak pernah meminta bantuan kepada siapapun, ia seorang pekerja keras yang tak pernah putus asa agar mendapatkan hasil yang memuaskan untuk keluarga kecilnya. Selama beberapa tahun, keluarga ini pindah dari rumah satu ke rumah yang lainnya.


Ibunya selalu percaya bahwa SRK ditakdirkan untuk menjadi seorang aktor besar, ia merasa ada kemiripan antara Khan dan Dilip Kumar, seorang aktor legenda Bollywood. Nama “Shahrukh” memiliki arti face of the king (wajah sang raja). Orangtuanya meninggal sebelum ia memasuki dunia perfilman Bollywood. Hal ini seringkali membuatnya merasa terpukul.


Di Sekolah St. Columba, dia kapten dalam sepak bola, kriket dan hoki, semua pada waktu yang bersamaan. Ia mengalami cedera pada saat bermain sepak bola, sejak saat itu ia selalu mempertimbangkan ajakan teman-temannya dalam bermain sepak bola. Dalam kriket, ia bahkan bermain pada tingkat nasional. Selain pandai dalam olahraga, ia juga pandai dalam akademis, semua mata pelajaran hampir ia kuasai, terutama bahasa Hindi, Elektronika dan Biologi tetapi tidak dalam matematika. Dia lulus dengan pujian di jurusan ekonomi dari Universitas Hansraj, New Delhi dan memperoleh gelar Master dalam Mass Comunication (jurusan pembuatan film) dari Universitas Jamiya Millia Islamiyah, New Delhi. Khan kemudian melanjutkan belajar akting di bawah bimbingan sutradara teater terkenal, Barry John di "Theatre Action Group" (TAG). Barry John selalu memuji akting dan sifat SRK, ia memiliki kombinasi yang sempurna dari bakat, ketekunan, keyakinan pada diri sendiri, tidak pernah menyerah dan mempunyai faktor keberuntungan untuk mencapai kesuksesan.


Dia jatuh cinta dengan seorang gadis Delhi, Gauri Chibba, kemudian menikah dengannya pada tanggal 25 Oktober 1991. Sebagai seorang Muslim yang menikah dengan seorang wanita Hindu, ia dan istrinya menggabungkan kedua latar belakang agama ke dalam pendidikan anak-anak mereka. Mereka mempunyai dua orang anak, seorang putra yang bernama Aryan Khan (1997) dan seorang putri bernama Suhana Khan (2000). Gauri Khan pernah menjadi pembawa acara mingguan ‘Hindi Music Countdown’ untuk saluran musik pada tahun 1990-an. Gauri muncul di sampul Vogue India edisi Januari 2008.


Karir :


SRK memulai perjalanannya sebagai peran utama pada drama seri Fauji (1988). Dari drama seri itu ia mengantongi banyak pujian, kemudian ia juga berperan sebagai peran utama di drama seri Dil Dariya (1988), Circus (1989) dan Idiot (1992). Dia juga memiliki peran kecil dalam sebuah film televisi In Which Annie Gives It Those Ones (1989).


Film debutnya adalah Dil Aashna Hai, namun karena keterlambatan dalam rilis, akhirnya film Deewana dianggap sebagai film debutnya, di mana ia berakting bersama aktris papan atas Bollywood pada masa itu, Divya Bharti. SRK semakin banyak dikenal sutradara dan produser, dari tahun ke tahun ia selalu mendapat tawaran untuk bermain film dan mendapatkan peran utama. Tidak semua filmnya mengalami kesuksesan, beberapa diantara filmnya mengalami kegagalan penjualan di pasaran.


Pada tahun 2007, Khan menggantikan Amitabh Bachchan sebagai tuan rumah musim ketiga dari game show Kaun Banega Crorepati, dikenal sebagai KBC (Who Wants To Be Millionaire versi India). Setahun kemudian, Khan menjadi tuan rumah acara permainan Kya Aap Paanchvi Pass Se Tez Hai? (Are You Smarter Than a 5th Grader versi India)

Lain-Lain :


Pada tahun 1999, Khan membangun rumah produksi bersama Juhi Chawla dan Aziz Mirza. Rumah produksi ini diberi nama Dreamz Unlimited. Di Tahun 2000, Dreamz Unlimited memproduksi film pertama, Phir Bhi Dil Hai Hindustani yang dibintangi oleh SRK dan Juhi Chawla, namun sayang, film ini mengalami kegagalan dipasaran. Hal ini sempat membuat SRK frustasi dan vakum untuk menjadi produser. Dreamz Unlimited berganti nama menjadi Red Chillies Entertainment (dipimpin oleh Gauri). RCE memproduksi film pertama pada tahun 2004, Main Hoon Na, film arahan dari sahabatnya sendiri, Farah Khan.


RCE memiliki lima sub divisi, selain produksi film, RCE juga memiliki sebuah studio animasi yang dikenal sebagai Red Chillies vfx yang telah terlibat dengan film-film besar seperti Chak De India, Om Shanti Om, Dostana dan Kurbaan serta studio untuk Iklan TV yang dikenal sebagai Red Chillies TVC dan acara TV/serial yang dikenal sebagai Red Chillies Idiot Box. SRK juga memiliki lebih dari 50% saham di tim kriket, Kolkata Knight Riders sering disingkat sebagai KKR.


Persahabatan menjadi kunci yang lain dari kesuksesan hidupnya. Lewat persahabatan, Shah Rukh Khan mampu mengembangkan kariernya. Ia tak hanya terlibat dalam satu rumah poduksi saja, tapi juga beberapa rumah produksi. "Saya tak akan pernah bisa membayar apa yang telah mereka (fans) lakukan untuk saya. Mereka telah memberikan cinta kepada saya," ujar Khan.


SRK memiliki rumah di India dan luar negeri. Rumahnya di Mumbai disebut Mannat adalah tempat wisata terkenal dan dianggap sebagai warisan bangunan India, dianggap penting untuk keindahan kota dan karenanya dibebaskan dari pembongkaran. Selain itu, ia juga memiliki sebuah rumah di New Delhi. Khan juga memiliki apartemen di London dan villa di Palm Jumeirah, Dubai yang diberi nama Shah Rukh Khan Boulevard.


Anaknya, Aryan Khan saat berusia 4 tahun, pernah berperan sebagai "Rahul" kecil difilm Kabhi Khushi Kabhie Gham dan pernah sebagai pengisi suara di film animasi Tez Lajawaab (The Incredibles versi India). Patung lilin SRK, Salman Khan, Kareena Kapoor, Sachin Tendulkar, Madhuri Dixit, Amitabh Bachchan, Hrithik Roshan dan Aishwarya Rai Bachchan terdapat di Museum Madame Tussaud, Inggris. Pada bulan Desember 2001, Khan mengalami cedera tulang belakang saat syuting sebagai special appearance difilm Shakti : The Power.


Khan telah berpartisipasi dalam beberapa konser tur dunia. Pada tahun 1997, ia tampil di Malaysia. Ia kembali konser disana pada tahun berikutnya dengan tema Shahrukh-Karisma: Live in Malaysia concert. Pada tahun yang sama ia berpartisipasi di konser tur dunia seluruh Britania Raya, Kanada dan Amerika Serikat bersama dengan Juhi Chawla, Akshay Kumar dan Kajol. Pada tahun 1999, ia kembali tur di Malaysia, dimana Salman Khan dan Twinkle Khanna digantikan dengan Akshay Kumar dan Kajol. Pada November 2002, Khan mengambil bagian dalam konser Fire & Flames di Malaysia, bersama Rani Mukherjee, Saif Ali Khan dan Raageshwari dengan rombongan 40-anggota penyanyi dan penari. Pada tahun yang sama, ia ikut serta dalam acara From India With Love di Inggris, bersama dengan Amitabh Bachchan, Aamir Khan, Preity Zinta dan Aishwarya Rai, mereka menghibur lebih dari 100.000 penonton.


Khan berpartisipasi dalam tur konser bertajuk Temptations 2004 yang merupakan konser Bollywood paling sukses pada saat itu. Konser ini ia lakukan bersama Arjun Rampal, Saif Ali Khan, Rani Mukherjee, Preity Zinta dan Priyanka Chopra di 19 panggung pertunjukkan di seluruh dunia. Pada tahun 2008, Khan mendirikan Temptation Reloaded 2008, serangkaian konser dipamerkan di beberapa negara yang berbeda. Acara ini juga menampilkan Arjun Rampal, Kareena Kapoor, Katrina Kaif, Ganesh Hegde, Javed Ali dan Anusha Dandekar, berlangsung di Rotterdam Ahoy, Belanda. Beberapa bulan kemudian, ia kembali bergabung dengan Arjun Rampal, Kareena Kapoor dan Katrina Kaif untuk melakukan konser dan menghibur 15.000 penonton di acara Dubai Festival. Pada tahun 2010, Khan tampil bersama Arjun Rampal, Rani Mukherjee, Neeraj Shridhar dan Isha Koppikar untuk konser di Stadion Army, Dhaka, Bangladesh. Pada tahun 2011, Khan tampil pada upacara pembukaan edisi keempat Indian Premier League (IPL) yang diadakan di Stadion MA Chidambaram, Chennai bersama Sunidhi Chauhan dan Shriya Saran dimana mereka menyanyikan berbagai lagu Tamil. Pada tahun itu juga, ia bergabung dengan Shahid Kapoor dan Priyanka Chopra di Konser Persahabatan, merayakan 150 tahun persahabatan India-Afrika Selatan di Durban, Afrika Selatan. Untuk konser Temptations Reloadednya terus berlanjut hingga saat ini diberbagai negara.


Khan dikenal sebagai orang yang ramah, sangat peduli dalam hal sosial dan kemanusiaan, hal ini membuatnya sering beramal untuk orang-orang yang membutuhkannya. Dalam sebuah wawancara dengan The Guardian ia menyatakan alasan untuk terus beramal adalah karena keyakinan agamanya. Pada tahun 2007, ia bekerja sama dengan artis veteran M.F. Husain untuk membuat lukisan dalam perayaan 60 tahun kemerdekaan India pada lelang amal di Bonhams, London. Lukisan itu dijual lebih dari 12 juta USD. Pada tahun 2008, Khan mengambil bagian dalam konser Kemanusiaan bersama dengan bintang Bollywood lainnya. Konser ini berhasil mengumpulkan lebih dari 30 juta USD untuk membantu anak-anak yang terkena dampak banjir Bihar. Selama tahun 2009 penampilannya di Greenathon NDTV, Khan mengadopsi 5 desa di Bhitarkanika Taman Nasional di Kendrapara, untuk menyediakan listrik untuk mereka dengan memanfaatkan energi surya. Tahun berikutnya, ia mengadopsi 8 desa lagi, dan 11 lagi diadopsi selama penampilannya dalam edisi ketiga dari acara tersebut. Dalam edisi tahun 2012, ia kembali mengadopsi 12 desa. Khan yang sangat dermawan ini membuat para penggemarnya semakin kagum.







Source http://pangeranbollywood.blogspot.com/2013/09/profil-dan-biografi-shah-rukh-khan.html

Comments

Popular posts from this blog

Zackia Arfan Presenter Cantik MetroTV

Daftar Contact Artis 2014