Sebelum Terjerat, Kenali Dulu Bahaya Narkoba

Tidak bisa disangkal bahwa setiap pecandu narkoba cenderung berakhir pada tindakan-tindakan kejahatan seksual, hubungan seks bebas (free sex), pencabulan, sodomi, aborsi dan lain-lain. Untuk menghindari narkoba memang sulit, apalagi gaya hidup metropolitan yang semakin "free" tidak dapat dibendung. Di tengah situasi yang runyam seperti ini, ada baiknya kita mengenal dulu tentang narkoba dan bahaya narkoba agar kita tidak terjerat di dalamnya.
Jenis Dan Dampak Narkoba :
1. Putauw
Putauw atau nama lainnya pe-te, ptw dan etep sebenarnya adalah heroin. Jenis ini adalah turunan ke-lima dan ke-enam dari heroin yang dibuat dari bunga yang namanya opium. Heroin itu sendiri adalah obat bius yang sangat mudah membuat seseorang kecanduan karena efeknya sangat kuat. Obat ini bisa ditemukan dalam bentuk pil, bubuk, dan juga dalam bentuk cairan. Heroin menimbulkan efek yang sangat cepat terhadap si pengguna baik secara fisik maupun mental. Jika orang itu berhenti mengkonsumsi obat bius ini, ia akan mengalami rasa sakit yang berkesinambungan atau yang biasa disebut sakauw.
2. Shabu-Shabu
Nama lain untuk narkoba dari jenis methamphetamine. Obat ini dapat ditemukan dalam bentuk kristal seperti gula pasir atau seperti vetsin (bumbu penyedap makanan). Obat bius ini tidak mempunyai warna maupun bau. Obat ini juga mempunyai pengaruh yang kuat terhadap syaraf. Pemakai shabu-shabu akan tergantung pada obat bius ini dan lama-lama akan menimbulkan kerusakan pada organ tubuh seperti jantung, lever, lambung atau bahkan kematian.
3. Amphetamine
Narkoba jenis amphetamine dapat ditemukan dalam bentuk pil/kapsul ataupun bubuk. Narkoba jenis ini bisa merangsang mood si pemakai menjadi tinggi. Pemakai pun biasanya menjadi superaktif, gampang emosi, tak punya rasa malu dan susah tidur. Seperti jenis narkoba lainnya, amphetamine juga berpengaruh buruk pada tubuh. Lama-lama si pemakai akan jadi kurus, kelihatan seperti kurang tidur, tekanan darah tinggi, detak jantung cepat, merasa takut, bahkan pingsan jika terlalu lelah.
4. Ecstasy
Narkoba jenis ini banyak istilah gaulnya yaitu: inex, XTC, pil setan, pil godek, dan adam. Ecstasy adalah salah satu obat bius yang dibuat secara ilegal di sebuah laboratorium dalam bentuk tablet atau kapsul. Ecstasy dapat membuat si pemakai memiliki energi yang lebih, dengan tingkat dehidrasi yang tinggi. Jangan heran jika sejumlah pengguna ecstasy ditemukan meninggal karena terlalu banyak minum air akibat rasa haus yang amat sangat. Selain haus, pecandu ecstasy juga sering merasa pusing, gemetar, detak jantung cepat, mual dan kehilangan nafsu makan.
5. Ganja
Nama gaulnya adalah gele, cimeng atau rumput. Ganja adalah obat bius yang bisa membuat si pemakai berhalusinasi sehingga ia akan menjadi kecanduan. Ganja akan mempengaruhi tingkah laku, penglihatan dan pendengaran si pemakai. Efek buruknya, pecandu akan kehilangan konsentrasi, detak jantung lebih cepat, kehilangan keseimbangan, mudah panik, gelisah, depresi, bingung, dan berhalusinasi.
Gejala Dini Penyalahgunaan Narkoba :
- Susah diajak bicara
- Mulai sulit untuk diajak terlibat dalam kegiatan keluarga
- Mulai pulang terlambat tanpa alasan
- Mudah tersinggung
- Mulai berani bolos
Ciri-Ciri Penyalahgunaan Narkoba :
- Jalan sempoyongan, bicara pelok, tampak terkantuk-kantuk
- Kamar tidak mau diperiksa atau selalu dikunci
- Sering didatangi atau menerima telepon orang-orang yang tidak dikenal
- Ditemukan obat-obatan, kertas timah, jarum suntik, korek api di kamar di dalam tas
- Terdapat tanda-tanda bekas suntikan atau sayatan
- Sering kehilangan uang atau barang-barang berharga di rumah
- Mengabaikan kebersihan diri (jorok)
- Malas belajar
- Mudah tersinggung
- Sulit berkonsentrasi
- Menghindari kontak mata langsung
- Berbohong atau memanipulasi keadaan
- Kurang disiplin
- Bengong atau linglung
- Mengabaikan kegiatan ibadah
- Sering menyendiri atau bersembunyi di kamar mandi, di gudang atau di tempat tertutup

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra