bBiografi/b Henry Cavendish - Penemu Hidrogen bBiografi/b Tokoh Dunia

Biografi Henry Cavendish - Penemu Hidrogen  (1731-1810) - Henry Cavendish adalah ahli fisika dan kimia Inggris yang terbesar pada zamannya, penemu hidrogen (1766), massa bumi (1801) atau konstante gravitasi Newton, tahanan listrik, karbon dioksida, kalsium karbonat. Ia menemukan bahwa air terdiri dari hidrogen dan oksigen, bahwa nitrogen adalah bahan untuk  membuat asam nitrat, bahwa atmosfer terdiri dari empat perlima  nitrogen dan seperlima oksigen. Ia juga menemukan dasar-dasar teori medan listrik dan ide potensial listrik. Sebenarnya Cavendish menemukan hukum Coulomb dan hukum Ohm, tapi karena tulisan-tulisannya baru ditemukan satu abat kemudian, maka Coulomb dan Ohm-lah yang diakui sebagai penemu hukum tersebut.

Biografi Lengkap Henry Cavendish

Cavendish lahir di Nice, Prancis, pada tanggal 10 Oktober 1731. Ia keturunan bangsawan dan penjabat tinggi. Ibunya meninggal ketika Cavendish baru berumur dua tahun. Pada umur 11 tahun ia masuk seminari (sekolah untuk calon pastur) di Hackney dekat London. Pada umur 18 tahun ia kuliah dan ketika tamat ia tidak mau mengambil gelar doktor.

Cavendish adalah orang aneh yang nyentrik. Ia sangat pemalu, pendiam dan rendah hati. Ia tidak ingin prestasinya diketahui orang lain. Ia malu berhadapan dengan orang lain. Oleh karena itu ia hampir tidak pernah berkumpul dan bergaul dengan orang lain. Ia selalu menyendiri. Bahkan pada saat mati pun ia tidak ingin ada orang didekatnya. Ia selalu menjauhi wanita. Ia tidak mau bertemu dengan wanita. Ada yang mengatakan bahwa Cavendish takut wanita atau sangat malu terhadap wanita. Perintah-perintah kepada pembantu wanita selalu disampaikan dengan surat. Bahkan kata orang, seandainya ada wanita yang berdiri didekatnya, wanita itu pasti ia tembak di tempat. Oleh karena itu, Cavendish tidak kawin. Ia meninggal di London pada tanggal 24 F ebruari 1810 pada umur 78 tahun. Mayatnya di kubur di Katedral Derby. Namanya diabadikan jadi nama laboratorium. Laboratorium Cavendish di Universita Cambridge menghasilkan ilmuwan-ilmuwan termasyhur di dunia, antara lain Jerman Clerk Maxwell, Lord Rayleigh, J J, Thomson, Emest Rutherford, Lawrence Bagg dan Nevill Mott.

Comments

Popular posts from this blog

Zackia Arfan Presenter Cantik MetroTV

Daftar Contact Artis 2014