Biografi Frederick Gardner Cottrell - Penemu Precipitator Elektrostatik

Biografi Frederick Gardner Cottrell (1877-1948 ) - Frederick Gardner Cottrell adalah ilmuan Amerika Serikat, penemu precipitator elektrostatik, pendidik, doktor, dermawan, pengacara, instruktur, direktur. Ia lahir di Oakland, California,pada tanggal 10 Januari 1877 dan meninggal di Berkeley pada tanggal 16 November 1948 pada umur 21 tahun.Ia kuliah di Universitas California dan Berlin dan mendapat gelar doktor dari Universitas Leipzig. Ia mulai membuat precipitator elektrostatik pada tahun 1906 pada umur 29 tahun. Precipitator itu selesai pada tahun 1910.

Preciptator elektrostatik adalah alat pembersih udara yang sangat penting. Alat ini dapat membersihkan udara dari debu, asap bakteri, tepung sari dan kotoran lain yang kecil-kecil sekali. Alat ini banyak di pakai di rumah-rumah, kantor-kantor, rumah-rumah sakit dan pabrik-pabrik. Sebuah precipitator elektrostatik terdiri dari pengion, sel dan pak tenaga. Pengion adalah alat untuk mengubah atom jadi ion. Ion adalah yang mendapat tambahan sebuah electron atau kehilangan sebuah electron. Mula-mula dengan kipas angin, udara yang tercemar dimasukkan dan dilewatkan kabel-kabel yang bermuatan listrik. Listrik ini berasal dari pak tenaga. Di dalam pengion, partkil-partikel diberi muatan listrik muatan positif dan timbullah ion-ion positif. Partikel-partikel ini kemudian lewat sel yang terdiri dari sederetan pelat-pelat logam. Pelat-pelat ini sebagian bermuatan positif sebagian besar bermuatan negative. Tentu saja partikel-partikel yang bermuatan positif tertarik dan melekat pada pelat-pelat yang bermuatan negatif. Sesudah itu pelat-pelat dibersihkan.

Cottrell juga memproduksi helium untuk keperluan kapal-kapal udara. Dari hasil penjualan precipitator ia mendapatkan uang banyak sekali. Tapi uang itu sebagian besar dipakai untuk mendirikan Badan Riset, sebuah organisasi yang tidak mencari untung, yang membantu  riset dasar bagi perguruan tinggi. Pada tahun 1922 ia jadi direktur Labolatorium Riset Nitrogen Terikat. Di sini ia ikut mendirikan industri amoniak sintesis berdasarkan proses Haber-Bosch. Sebelum ia jadi direktur Biro Tambang Amerika Serikat. Ia ikut menciptakan divisi keamanan tambang.

Comments

Popular posts from this blog

Zackia Arfan Presenter Cantik MetroTV

Daftar Contact Artis 2014