Biografi Bernard Courtois - Penemu Yodium

Biografi Bernard Courtois (1777- 1838 ) - Bernard Courtois adalah ahli  kimia Prancis, penemu yodium. Ia adalah orang pertama di dunia yang mengisolasi morfin. Ia lahir di Dijon, Prancis, Pada tanggal 8 Februari 1777 dan meninggal di Paris pada tanggal 27 September 1838 pada umur 61 tahun.

Pada tahun 1792, ketika Courtois berumur 15 tahun, pecah perang. Prancis berperang melawan Prusia dan Austria. Ayah Courtois lalu mendirikan perusahaan saltpeter atau sendawa. Sendawa adalah bahan untuk membuat mesiu yang sangat dibutuhkan pada waktu itu. Ayah Courtois dapat membuat senyawa, kerena ia
asisten Guyton de Morveau, ahli kimia di Universitas Dijon. Courtois membantu ayahnya dan banyak belajar tentang cara membuat senyawa. Atas bantuan Guyton de Morveau, Courtois diizinkan masuk Ecole Polytechnigue di Paris. Pada umur 22 tahun Courtois diangkat jadi apoteker (ahli obat) di rumah-rumah sakit militer di Paris. Disini ia membatu Marc Seguin menyelidiki opium. Pada tahun 1802 ia mengisolir morfin, ialah alkaloida yang pertama yang dapat diperoleh dalam bentuk murni.

Tapi lima tahun kemudian  (1807) ia keluar dari rumah sakit militer. Ia ingin membantu ayahnya yang sudah tua, yang sibuk membuat sendawa atau kuliumnitrat. Kalium banyak terdapat antara lain pada abu ganggang laut yang disebut kelp. Dirumah ayahnya, pekerjaan Courtois membakar ganggang laut. Abu ganggang laut itu mengandung belerang yang harus di buang. Courtois menghilangkan belerang dengan jalan memanaskan abu dengan asam.

Pada tahun 1811 pada umur 34 tahun Courtois banyak menambahkan asam pada abu. Akibatnya dari abu timbul uap berwarna ungu lembayung. Ketika mengembun uap itu berubah jadi Kristal berwarna hitam mengkilat. Ia segera menyelidiki unsur baru itu. Tapi ia tidak begitu yakin akan penemuannya karena sadar bahwa ia bukan ahli kimia kaliber internasional. Kebetulan pada tahun 1814 Sir Humphry Davy datang di Paris dalam perjalanannya keliling Eropa. Sir Humphry Davy memberi nama unsur baru itu iodine (yodium). Nama Courtois jadi masyhur, tapi perusahaan ayahnya bangkrut karena perang selesai. Courtois mendirikan pabrik yodium. Pabrik ini bangkrut juga. Ia jatuh miskin dan meninggal.

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra