Biografi Charles Augustin de Coulomb - Penemu Hukum Coulomb

Biografi Charles Augustin de Coulomb (1736 -1806 ) - Charles Augustin de Coulomb adalah ahli fisika Prancis, penemu hukum Coulomb (1785), penemu neraca punter (torsi 1777), insinyur meliter, inspektur jenderal pendidikan dan pengarang. Ia lahir di Augouleme, Perancis, pada tanggal 14 Juni 1736 dan meninggal di Paris pada tanggal 23 Agustus 1806 pada umur 70 tahun. Ia sangat masyhur karena dapat mengukur gaya listrik dan gaya magnetic dengan teliti. Untuk menghormatinya namanya diabadikan sebagai satuan muatan listrik ialah coulomb (disingkat C). Satu coulomb=banyaknya muatan listrik yang mengalir lewat suatu penghantar selama satu detik, bila besar arus satu ampere.

Hukum Coulomb berbunyi sebagai berikut; "Gaya tarik atau gaya tolak dua benda yang bermuatan listrik berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya dan berbanding lurus dengan besar masing-masing muatan". Untuk mengukur gaya listrik, Coulomb mempergunakan neraca puntir atau neraca torsi yang sangat peka.

Coulomb berasal dari keluarga bangsawan. Ia bersekolah di Institut Teknologi di Mezieres, sebuah Perguruan Teknologi pertam di dunia. Disitu ia mendapat pengetahuan murni dan terapan. Sesudah berhasil mengondol gelar insinyur, Coulomb masuk Korp Insinyur Kerajaan. Pada umur 28 tahun  (1764) ia di kirim ke India Barat. Ia bertugas mengawasai pembangunan benteng di Martinigue. Ia bekerja sama selama 10 tahun . Kesehatannya makin lama makin buruk. Maka pada tahun  1776 ia kembali ke Paris dan menghabiskan waktunya untuk mengadakan  riset ilmiah. Tahun berikutnya (1777) ia menemukan neraca puntir. Napoleon Bonaparte mengangkatnya jadi inspektur jenderal pendidikan.

Pada tahun 1779 ia mempelajari dan menganalisis gaya gesek pada bagian-bagian mesin yang berputar. Dengan demikian Coulomb adalah orang pertama di dunia yang mengemukakan teori pelumasan. Pada tahun itu juga ia menemukan cara untuk bekerja di bawah air. Dengan begitu ia merintis pembuatan alat kerja di bawah permukaan air yang disebut caisson. Coulomb juga mengadakan riset mengenai kincir angin dan mengenai elastisitas logam dan serabut sutera.

Comments

Popular posts from this blog

Zackia Arfan Presenter Cantik MetroTV

Daftar Contact Artis 2014