May 15, 2013

Biografi George Washington Carver - Ahli Kimia Pertanian | Biografi ...

http://1.bp.blogspot.com/-B_pOse3eNE0/UX3-PnNdYbI/AAAAAAAAAWI/MU2sCuyZZFY/s1600/Biografi+George+Washington+Carver+-+Ahli+Kimia+Pertanian.jpg


Biografi George Washington Carver (1861-1943) - George Washington Carver adalah ahli kimia kemurgi (ahli kimia pertanian) Amerika Serikat, ahli botani, pendidik, seniman, pengasih sesama manusia, administrator, direktur, anggota Royal Society, penerima Medali Roosevelt dan hadiah Yayasan Edison. Ia menemukan 300 hasil sampingan yang terbuat dari kacang dan 118 hasil sampingan yang terbuat dari kentang. Hasil sampingan yang terbuat dari kacang misalnya minyak goreng, susu, mentega, kopi, tepung, tinta, zat warna, plastik, cat kayu, kosmetik, obat, bahan peledak, papan dan sebagainya. Hasil sampingan yang terbuat dari kentang misalnya, tepung, sirup gula, cuka, karet, tinta, lem dan sebagainya.


Biografi Lengkap George Washington Carver - Ahli Kimia Pertanian



Carver lahir di Diamond Grove, Missouri, Amerika Serikat, pada tanggal 5 Januari 1943 pada umur 82 tahun. Ketika Carver lahir, di Amerika Serikat sedang terjadi Perang Saudara. Ayah Carver mati terbunuh. Ibu Carver diculik dan tidak kembali. Carver ditemukan dalam keadaan sakit dan kelaparan. Carver sebenarnya nama majikannya, ialah Moses Carver. Moses Carver memelihara beberapa budak belian. Carver budak yang diculik terpaksa dibebaskan dengan kuda seharga 300 dolar atu 300 ribu rupiah. Sesudah perang selesai Carver kecil mendapat nama George Washington Caever, budak Negro yang sudah dibebaskan.

Sesudah Carver kecil bebas, ia harus mencari makan sendiri. Dari umur 12 sampai 20 tahun ia mengembara sambil mencari nafkah sebagai pembantu rumah tangga, juru masak hotel, tukang cuci pakaian, pekerja lading dan tukang kebun. Ternyata ia anak yang mempunyai bermacam-macam bakat. Ia pandai bernyanyi, melukis, bermain orgen dan lain-lain. Pada umur 20 tahun ia jadi buruh tani sambil bersekolah di SMA di Minneapolis, Kansas. Sebelumnya ia sudah belajar menulis dan membaca. Tapi ia di tolak di sebuah Universitas di Kansas karena ia orang Negro. Maka ia lalu masuk Akademi Pertanian Negara di Iowa sampai mendapat gelar master pada tahun 1896 pada umur 35 tahun.


Pada tahun itu juga ia di angkat jadi direktur riset pertanian di Institute Tuskegee di Alabana. Ia bekerja disana selama 47 tahun (1896-1943) sampai ajalnya. Ia berhasil mengubah riset hidup petani miskin menjadi petani-petani yang makmur dan bermental ilmiah.







Source http://www.biografi-tokoh.com/2013/05/biografi-george-washington-carver-ahli.html

No comments:

Post a Comment