Renaldy, Mantan Artis Cilik Yang Memilih Jadi Perempuan

Masih ingat dengan artis cilik tahun 1990-an yang bernama Renaldy? Renaldy yang aslinya adalah pria, kini memilih jalan transgender menjadi seorang wanita dan berganti nama menjadi Dena Rachman. Bahkan mantan artis cilik lulusan FISIP Universitas Indonesia yang terkenal saat membawakan acara 'Krucil (Kru Cilik)' di SCTV pada pertengahan tahun 1990-an ini mengaku jiwanya terjebak dalam tubuh laki-laki yang sama sekali bukan dirinya.
Kini, di berbagai situs pencarian dan forum-forum internet, semakin banyak orang yang penasaran mencari nama Renaldy. Tak ada yang menyangka, Renaldy yang aslinya memang berwajah tampan memilih untuk menjadi seorang perempuan! Perkembangan fisik dan psikologis yang ia alami diakuinya sebagai hal yang sulit sekali untuk diungkapkan ke banyak orang.
"It's a gradual phase. Saya selalu merasakan sesuatu yang berbeda sejak kecil. Katakanlah sejak lima tahun. I know it sounds so typical, tapi itulah yang aku rasakan. Tidak ada seorang pun yang benar-benar bisa merasakan apa yang aku rasakan. Let them talk!" ungkap Dena, sebagaimana dilansir dari Detik.
Lalu, apakah Dena memiliki rencana melakukan operasi kelamin guna mendapat pengakuan sebagai perempuan? "One thing at a time ya. Saat ini fokus aku mau lulus S2 dan sukses berkarier," jawab artis kelahiran Jakarta, 30 Agustus 1987 yang pernah jadi pagar ayu di resepsi pernikahan Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair ini.
Konflik batin yang ia alami sulit dijelaskan. Awalnya ia mengaku merasa aneh, bingung dan marah. Kemudian memasuki fase dimana ia benci dirinya sendiri. "It's hard to describe. Awalnya merasa aneh, canggung, bersalah, bingung, marah dan kemudian datang ke fase dimana aku benci diriku sendiri. I hate my self so much and feel rejected," katanya. "Aku mencoba bersikap normal, tapi aku tidak merasa nyaman, my body rejects. And at that time, my friends were feeling uncomfortable with me when I pretend to be normal. It’s just ridiculous," lanjut Dena yang kini tengah menyelesaikan pendidikan pascasarjananya di University of Bologna, Italia.
Di era 90-an, Dena 'Renaldy' Rachman dikenal sebagai artis cilik bernama Renaldy. Awalnya ia memulai kariernya sebagai bintang iklan sebuah produk alat tulis. Kemudian teman ayahnya seorang produser mengajaknya untuk bernyanyi dan membuat album. Sejak saat itu Dena mengaku aktif membuat album dan show ke berbagai daerah di sela-sela waktunya bersekolah. Hingga kariernya pun kemudian kian bersinar ketika menjadi presenter acara Krucil di SCTV.
(Opung)

0 comments: