Biografi Jusuf Kalla - Wakil Presiden RI ke-10

Biografi Jusuf Kalla - Siapa yang tak kenal dengan nama Jusuf Kalla atau yang biasa dipanggil dengan sebutan Bpk JK ini? Hampir semua orang yang berada di Indonesia mengenal dirinya, karena beliau sempat menjadi wakil presiden RI ke-10 mendampingi presiden SBY pada tahun 2004 - 2009. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla lahir di Baba, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, 15 Mei 1942. Jusuf Kalla merupakan mantan Wakil Presiden Indonesia yang menjabat pada 2004 – 2009, Ketua Umum Partai Golongan Karya pada periode yang sama, menjadi capres bersama Wiranto dalam Pilpres 2009 yang diusung Golkar dan Hanura, dan sekarang menjadi ketua Palang Merah Indonesia periode 2009-2014.

Biografi Kehidupan dan Karir Jusuf Kalla
Jusuf Kalla yang lahir di Baba, Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada tanggal 15 Mei 1942, lahir sebagai anak ke-2 dari 17 bersaudara dari pasangan H. Kalla dan Athirah. Orang tua Jusuf Kalla merupakan pengusaha keturunan Bugis yang memiliki bendera usaha Kalla Group. Bisnis keluarga Kalla tersebut meliputi beberapa kelompok perusahaan di berbagai bidang industri. Tahun 1968, Jusuf Kalla menjadi CEO dari NV Hadji Kalla. Di bawah kepemimpinannya, NV Hadji Kalla berkembang dari sekedar bisnis ekspor-impor, meluas ke bidang-bidang perhotelan, konstruksi, pejualan kendaraan, perkapalan, real estate, transportasi, peternakan udang, kelapa sawit, dan telekomunikasi. Di Makassar, Jusuf Kalla dikenal akrab disapa oleh masyarakat dengan panggilan Daeng Ucu.

Pengalaman Jusuf Kalla dalam berorganisasi kepemudaan dan kemahasiswaan antara lain adalah Pelajar Islam Indonesia (PII) Cabang Sulawesi Selatan 1960 - 1964, Ketua HMI Cabang Makassar tahun 1965-1966, Ketua Dewan Mahasiswa Universitas Hasanuddin (UNHAS) 1965-1966, serta Ketua Presidium Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) tahun 1967-1969. Sebelum terjun ke politik, Jusuf Kalla pernah menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri Daerah (Kadinda) Sulawesi Selatan. Hingga kini, ia pun masih menjabat Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) di alamamaternya Universitas Hasanuddin, setelah terpilih kembali pada musyawarah September 2006.

Karir Jusuf Kalla terus melejit, karena dia dipercaya untuk menjabat sebagai menteri di era pemerintahan Abdurrahman Wahid (Presiden RI yang ke-4), namun diberhentikan dengan tuduhan terlibat KKN. Jusuf Kalla kembali dipercaya sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat di bawah pemerintahan Megawati Soekarnoputri (Presiden RI yang ke-5), namun JK kemudian mengundurkan diri sebagai menteri karena ingin maju sebagai calon wakil presiden, mendampingi calon presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2009.

Dengan kemenangan yang diraih oleh Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden RI yang ke-6, secara otomatis Jusuf Kalla juga berhasil meraih jabatan sebagai Wakil Presiden RI yang ke-10. Bersama-sama dengan Susilo Bambang Yudhoyono, keduanya menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI yang pertama kali dipilih secara langsung oleh rakyat.

Pada tahun yang sama, JK menjabat sebagai ketua umum Partai Golongan Karya menggantikan Akbar Tanjung sejak Desember 2004 hingga 9 Oktober 2009. Pada 10 Januari 2007, JK melantik 185 pengurus Badan Penelitian dan Pengembangan Kekaryaan Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golongan Karya di Slipi, Jakarta Barat, yang mayoritas anggotanya adalah cendekiawan, pejabat publik, pegawai negeri sipil, pensiunan jenderal, dan pengamat politik yang kebanyakan bergelar master, doktor, dan profesor.

Jusuf Kalla menikah dengan Hj. Mufidah Jusuf, dan dikaruniai seorang putra dan empat putri, serta sembilan orang cucu. Saat sudah tidak menjabat lagi menjadi wakil presiden, melalui Munas Palang Merah Indonesia ke XIX, Jusuf Kalla dipilih menjadi ketua umum Palang Merah Indonesia periode 2009-2014. Diakhir biografi Jusuf Kalla ini, tepat pada tanggal 10 September 2011, JK mendapat penganugerahan doktor Honoris Causa dari Universitas Hasanuddin, Makasar.

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra