Biografi Abraham Lincoln - Presiden Amerika Ke 16

Biografi Abraham Lincoln - Adalah seorang pelopor berhentinya perbudakan di Amerika. Presiden Amerika Serikat ke 16 ini lahir di sebuah peternakan Hardin County pada tahun 1809, Kentucky. Banyak kisah menarik yang dapat kita ambil dari perjalanan hidup beliau, berikut Adalah Biografi Abraham Lincoln.

Latar Belakang Abraham Lincoln

Diawali dengan cerita masa kecil dari orang besar ini. Abraham Lincoln adalah anak seorang tukang kayu. Ia lahir pada 12 Februari 1809 dan besar di Kentucky, Amerika Serikat.

Sejak kecil ia terbiasa hidup sederhana. Badannya yang jangkung dan kurus semakin terlihat menyedihkan ditambah dengan pakaiannya yang selalu kekecilan. Ia selalu menggunakan celana dengan baju yang menggantung.

Dalam biografi Abraham Lincoln juga dijelaskan bagaimana latar belakang kehidupan lelaki ini. Ibu kandung Lincoln telah meninggal sejak ia kecil, ayahnya kemudian menikah kembali dengan seorang wanita bernama Sarah Bush Johnston



Meskipun demikian, Lincoln dan saudara perempuannya sangat menghargai sosok ibu tiri yang baik hati itu. Sejak kecil, dalam biografi Abraham Lincoln dijelaskan bahwa Lincoln adalah sosok yang menyenangkan.

 Ia memiliki selera humor yang tinggi, dan bersikap baik pada para tetangganya. Sikapnya yang manis itu justru membuat dia dijuluki homo oleh para teman-temannya, namun sekali lagi, Lincoln bukan sosok pendendam dan ia pun mau memaafkan.

Ayahnya yang seorang tukang kayu, hanya mampu menyekolahkan Lincoln selama satu tahun. Meskipun demikian, biografi Abraham Lincoln menjelaskan bahwa Lincoln kecil bukanlah anak yang bodoh.

 Ia seolah seperti spons yang dapat menyerap ilmu dengan cepat. Kepintaran alaminya tersebutlah yang perlahan membawa Lincoln pada kehidupan politik Amerika Serikat. Kesan buruk terhadap perbudakan sudah ia rasakan sejak kecil.

Saat itu, ia pergi ke New Orleans dengan menggunakan kapal angkut. Di kapal angkut itulah Lincoln kecil menyaksikan tindak perbudakan yang tidak manusiawi, semenjak itulah ia berjanji pada dirinya sendiri untuk menghapuskan perbudakan dari bumi Amerika.

Perihal latar belakang mengapa ia sangat tidak menyukai perbudakan juga ikut dituangkan dalam biografi Abraham Lincoln. Tidak hanya menceritakan masa kecil dan latar belakang keluarga Abraham Lincoln yang baik-baik, biografi Abraham Lincoln juga menceritakan bagaimana perjalanan hidup dia selanjutnya. Proses pemahaman serta pembelajaran dalam hidupnya hingga menjadikan Abraham Lincoln sosok yang dikasihi juga dituliskan secara jelas dalam biografi Abraham Lincoln.


Latar Belakang Karir Abraham lincoln

 Pada 1847, ia terpilih menjadi anggota U.S. House of Representatives dan terkenal karena menentang Perang Meksiko dan perbudakan. Pada tahun 1856, Lincoln mencalonkan diri untuk Senat AS, tapi ia belum berhasil. Pada bulan Juli 1856, Lincoln yang merupakan seorang Republikan dinominasikan sebagai presiden pada pemungutan suara ketiga di konvensi di Chicago, dan kali ini beliau sukses memenangi perolehan suara. Lincoln tiba di Washington untuk diambil sumpahnya sebagai presiden negara ke-16 pada 4 Maret 1861. Dalam pidato pertama pelantikannya, Lincoln mencoba membujuk kembali negara-negara bagian Selatan untuk bergabung ke Union, tapi setelah pemboman dari Fort Sumter pada April 12 beliau menyerukan 75.000 relawan untuk menekan "pemberontakan". Lincoln melayangkan panggilan pada Kongres untuk bertemu pada tanggal 4 Juli 1861. Sejak saat itu sejarah pemerintahan Lincoln terus sejalan dengan Perang Sipil.

Sebagai panglima tertinggi, Lincoln menunjukkan bakat yang mengejutkan dalam merancang strategi militer. Disamping masalah kenegaraan, Lincoln juga mengalami banyak tekanan dalam rumah tangganya. Putranya, Willie, meninggal pada tahun 1862 dalam usia 12 tahun. Tapi dia adalah seorang pemimpin yang luar biasa, teguh dalam tujuannya untuk mengembalikan dan melestarikan Union, dan juga dikenal akan kepiawaiannya sebagai pembicara publik. Lincoln pun juga menunjukkan pemahaman yang mengagumkan tentang urusan luar negeri, dengan cerdik beliau dapat menghindari perang dengan Inggris Raya di Trent Affair dan memenangkan goodwill Eropa dengan Emancipation Proclamation-nya. Mengenai urusan dalam negeri, Homestead Act tahun 1862 adalah prestasi yang paling menonjol dari masa pemerintahannya, hingga berujung pada tanggal 9 April 1865, ketika Perang Sipil berakhir.

Karakter Lincoln yang luwes dan cinta kemanusiaan ditunjukkan melalui kebijakan rekonsiliasi dengan Korea Selatan, seperti yang diungkapkan dalam pidato pelantikannya yang kedua, pada tanggal 4 Maret 1865, di mana beliau berbicara tentang "tidak ada kekejaman bagi siapapun" dan "kasih sayang untuk semua." 

 Kematian Abraham Lincoln

Lincoln meninggal dengan cara yang tak disangka-sangka. Saat sedang menyaksikan teater bersama istrinya, ia ditembak oleh seorang bernama John Wilkes Booth. Kematian menjemputnya tatkala perdamaian telah sampai bagi Amerika. Mungkin itu merupakan puncak peristiwa yang harus terjadi sebagai tumbal berakhirnya perbudakan di Amerika. Setelah kematiannya, Lincoln dikenal sebagai orang besar, dan cita-cita yang telah ditegakkannya terus dipertahankan oleh seluruh warga Amerika.



Referensi
1. http://www.anneahira.com/biografi-abraham-lincoln.htm
2. http://indo-geeks.blogspot.com/2013/02/biografi-abraham-lincoln-presiden-amerika-serikat-ke-16.html
3. http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/01/biografi-abraham-lincoln.html

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra