Mar 11, 2014

Biografi Demba Ba ‹ Sejarah RI | Sejarah Indonesia ... - SejarahRI.com

http://ift.tt/eA8V8J


Demba Ba lahir di Sèvres, Hauts-de-Seine, Perancis, pada 25 Mei 1985. Ia berkebangsaan Senegal yang bermain sebagai penyerang untuk klub Chelsea di Liga Utama Inggris dan Tim Nasional Senegal.

Ba merupakan anak keenam dari tujuh orang bersaudara yang lahir di Sèvres, Hauts-de-Seine. Ia menghabiskan masa kecilnya di Saint-Valery-en-Caux, Seine-Maritime. Ba bergabung ke sebuah klub junior di Montgaillard pada tahun 1992,. Ia kemudian memulai karier profesionalnya di Port Autonome du Havre, dimana dia bermain selama dua tahun rentang 1998 dan 2000, sebelum pindah ke Frileuse.


Setelah itu ia pindah ke Montrouge pada 2001. Saat itulah namanya mulai didengar dan dia juga pernah menjalani masa percobaan di Barnsley dan Watford. Namun Inggris saat itu bukan merupakan tempat yang cocok untuknya, karena itu ia kembali ke Prancis dan bergabung dengan klub Divisi Tiga, Rouen. Ia menandatangani kontrak berdurasi satu tahun dan menjadi penyerang yang sukses mencetak lebih dari 20 gol dengan klub tersebut.


Penampilan gemilang di Rouen membuatnya pindah ke Mouscron, klub papan atas Belgia. Ba selalu mencetak gol saat tampil pada tiga laga awalnya, sebelum mengalami cedera retak tulang tibia dan fibula sehingga harus absen mulai bulan Agustus 2006 hingga April 2007. Setelah delapan bulan menjalani istirahat masa penyembuhan, ia mencetak tujuh gol dalam sembilan laga, yang membuat ia mendapat panggilan memperkuat timnas Senegal.

Pada 29 Agustus 2007, Ba bergabung ke klub Bundesliga 2 1899 Hoffenheim dengan nilai transfer €3 juta. Ia menjadi salah satu pemain kunci yang membawa Hoffenheim promosi ke Bundesliga dan kesuksesan di musim Bundesliga pertama mereka, dengan menempati posisi ke-7 klasmen akhir setelah menempati puncak klasemen di paruh pertama musim. Ba mencetak 14 gol liga dengan hanya satu kali tidak tampil sepanjang musim tersebut, termasuk hattrik ke gawang Stuttgart pada pertandingan yang berakhir imbang 3–3, 24 Februari 2009.

Pada bulan Juli 2009, Ba sedianya akan bergabung ke Stuttgart, namun kepindahan tersebut batal setelah ia gagal pada tahap tes medis. Pada bulan Desember pada tahun yang sama, Ba menandatangani perpanjangan kontrak berdurasi hingga 2013 dengan Hoffenheim. Ia menorehkan catatan 40 gol dari 103 penampilan di semua kompetisi selama empat setengah musim bersama Hoffenheim. Ba meninggalkan Hoffenheim dengan alasan sengketa dengan pihak klub pada bulan Januari 2011.

Pada Januari 2011, dia memutuskan untuk kembali Inggris dan bergabung dengan West Ham United. Di Upton Park, Ba mencetak tujuh gol dari 12 penampilan, meski penampilannya gemilang, dia tetap tidak bisa membantu West Ham lolos dari degradasi. Karena itu ia akhirnya bergabung dengan Newcastle United.

Di Newcastle, Ba mencetak hat-trick secara beruntun saat melawan Blackburn Rovers dan Stoke City. Itu membuatnya mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik Premier League Bulan ini pada Desember 2011 dan mengakhiri musim dengan mencetak 16 gol. Penampilan terakhirnya bagi Newcastle adalah ketika mereka dikalahkan Arsenal 3-7 di Emirates Stadium, akhir pekan lalu. Ba menyumbangkan dua gol.

Di timnas, Ba juga menjadi pemain utama sejak debutnya di kualifikasi Piala Afrika 2007 kontra Tanzania. Ba sudah mencetak 4 gol untuk Tanzania dan menjadi pemain Senegal pertama di Chelsea.

Demba Ba bergabung dengan Chelsea pada 4 Januari 2013. Pemain internasional Senegal tersebut bergabung setelah bermain selama 18 bulan di Newcastle United. Dia telah menandatangani kontrak selama tiga setengah tahun di Chelsea.

Ba melakukan debut melawan Southampton di putaran ketiga Piala FA pada tanggal 5 Januari. Dia menandai penampilan pertamanya untuk klub dengan mencetak dua gol dalam kemenangan 5-1 untuk Chelsea.

Sebagai pribadi, Ba bersama beberapa mantan rekannya di Newcastle yaitu, Papiss Cissé, Hatem Ben Arfa dan Cheick Tioté, adalah seorang Muslim. Ia kerap melakukan selebrasi gol dengan sujud syukur di lapangan. Selain selalu menjalankan puasa Ramadhan, meski saat-saat bertanding pun, Ba juga tak pernah meninggalkan shalat.”Sebagai seorang muslim, saya berusaha menjalankan shalat lima waktu dalam sehari semalam,” ujarnya kepada majalah FourFourTwo edisi April 2013. “Shalat pertama dalam sehari adalah shalat fajr –saat subuh– sebelum matahari terbit. Shalat menjadi bagian besar dalam hidup saya.”Ba juga mengungkapkan salah satu kebiasaan rutinnya setiap akan menjalani laga. “Saya berangkat menuju lapangan pertandingan dua jam sebelum dimulai. Begitu saya tiba di stadion, saya mulai berkonsentrasi pada pertandingan,” kata Ba. “Ketika tiba (di stadion), saya memasang headphone dan mendengarkan lantunan Al Quran. Saya merasa sangat rileks setelah mendengarnya.” “Saya tidak memiliki perbuatan klenik apa pun menjelang laga. Bagi saya, perbuatan klenik itu tanda lemahnya mental. Saya hanya berusaha rileks dan fokus. Sepak bola itu seperti golf. Anda harus berkonsentrasi, tetapi juga harus rileks. Jika tidak, Anda tidak bisa bermain sangat bagus,” lanjutnya. (dari berbagai sumber)







Source http://ift.tt/1lR19Gw

No comments:

Post a Comment

SLAWI.net | Powered by Blogger