Mar 25, 2014

Profil tim - Portugal - Piala Dunia 2014 - Antaranews.com

http://ift.tt/eA8V8J

Untuk kedua kali berturut-turut Portugal harus melewati play-off sebelum maju ke putaran final Piala Dunia.

Setelah empat tahun sebelumnya menang agregat dari Bosnia Herzegovina untuk lolos ke Piala Dunia Afrika Selatan 2010, Portugal harus melewati lagi dua laga play off melawan Swedia yang dimenanginya dengan agregat 4-2 untuk kemudian lolos ke Brasil.


Pahlawan kemenangan mereka tentu saja Cristiano Ronaldo yang mencetak seluruh empat gol tim asuhan Paulo Bento itu ke gawang Swedia.


Portugal memulai kampanyenya mencapai putaran final Piala Dunia keenamnya sebagai favorit juara Grup F kualifikasi Zona Eropa setelah mencapai semifinal UEFA EURO 2012 yang kemudian kalah adu penalti dari Spanyol.


Dikalahkan Rusia dalam pertandingan tandang namun menang di kandangnya di Lisbon, Portugal hanya menempati urutan kedua grup setelah secara mengejutkan hanya mampu seri di kandangnya saat melawan Irlandia Utara, kemudian imbang dalam pertandingan kandang maupun tandang melawan Israel.


Ini membuat Portugal harus melewati play-off, namun dalam pertarungan di mana dua pemain terhebat dunia saling berhadapan, Ronaldo akhirnya tampil lebih baik ketimbang Zlatan Ibrahimovic yang menciptakan dua gol untuk Swedia. Portugal pun lolos ke Brasil.


Penampilan Portugal semakin meyakinkan setelah pada pertandingan persahabatan terakhir 5 Maret lalu menggunduli Kamerun 5-1.


Catatan Piala Dunia


Baru pada Piala Dunia 1966 di Inggris, Portugal melakukan debutnya di putaran final dan langsung tampil mengesankan di bawah generasi emas pimpinan Eusebio yang mengalahkan Brasil pada fase grup dan dikalahkan tuan rumah Inggris di semifinal.


Portugal mendapatkan kemenangan pelipur lara dalam perebutan ketiga setelah mengalahkan Uni Soviet. Sejak itu Portugal tak berhasil mengulang prestasi baiknya dengan tersisih di fase grup pada Piala Dunia Meksiko 1986 kendati sempat menang dari Inggris, namun kemudian dikalahkan Polandia dan Maroko.


Setelah absen pada Piala Dunia Italia 1990, USA 1994, dan Prancis 1998, Portugal lolos ke Piala Dunia ketiganya pada Piala Dunia Korea/Jepang 2002 di mana kembali mereka gagal.


Cerita berbeda tercipta ketika Piala Dunia Jerman 2006. Dilatih Luiz Felipe Scolari yang sebelumnya mengantarkan Brasil merebut gelar juara dunia keempatnya, Portugal terhenti di babak empat besar akibat gol penalti Zinedine Zidane.


Portugal tak berhasil merebut tempat ketiga karena dikalahkan Jerman. Kemudian di Afrika Selatan empat tahun kemudian impian Portugal musnah di babak 16 besar setelah kalah 0-1 dari juara dunia Spanyol.


Pemain kunci


Seperti terlihat pada laga play-off melawan Swedia, Cristiano Ronaldo tetap menjadi pemain paling berbahaya di Portugal. Masih ada duo Pepe dan Bruno Alves di barisan belakang, selain Joao Pereira dan Fabio Coentrao.


Joao Moutinho menjadi jangkar di tengah, sedangkan Nani menjadi tandem Ronaldo.



Pelatih: Paulo Bento


Peringkat FIFA: 4


Prestasi terbaik turnamen FIFA: Piala Dunia Inggris 1966 (ketiga), Piala Dunia U-20 Saudi Arabia 1989 dan Portugal 1991 (juara), Piala Dunia U-20 Kolombia 2011 (runner-up), Piala Dunia U-17 Skotlandia 1989 (ketiga).


Mantan pemain bintang: Eusebio, Coluna, Simoes, Jose Augusto, Torres, Jaime Graca, Rui Costa and Luis Figo.


Jadwal pertandingan Portugal

- 16 Juni melawan JERMAN di Salvador (Arena Fonte Nova)

- 22 Juni melawan AMERIKA SERIKAT di Manaus (Arena Amazonia)

- 26 Juni melawan GHANA di Brasilia (Estadio Nacional de Brasilia).







Source http://ift.tt/1iyK8h1

No comments:

Post a Comment

SLAWI.net | Powered by Blogger