Mar 10, 2014

Profil Partai Amanat Nasional (PAN) - ANTARA News

http://ift.tt/eA8V8J

Jakarta (ANTARA News) - Kelahiran Partai Amanat Nasional (PAN) dibidani oleh Majelis Amanat Rakyat (MARA) yang merupakan salah satu organ gerakan reformasi pada era pemerintahan Soeharto, PPSK Yogyakarta, tokoh-tokoh Muhamadiyah, dan Kelompok Tebet.

PAN dideklarasikan di Jakarta pada 23 Agustus 1998 oleh 50 tokoh nasional, beberapa di antaranya Prof. Dr. H. Amien Rais, Faisal Basri MA, Ir. M. Hatta Rajasa, Goenawan Mohammad, Dr. Rizal Ramli, Dr. Albert Hasibuan, Toety Heraty, Prof. Dr. Emil Salim, A.M. Fatwa, dan Zoemrotin.


Awalnya pada pertemuan tanggal 5-6 Agustus 1998 di Bogor, para tokoh sepakat membentuk mesin politik bernama Partai Amanat Bangsa (PAB) namun akhirnya berubah nama menjadi Partai Amanat Nasional (PAN).


Sebagai partai yang lahir di penghujung era orde baru, PAN pun didirikan dengan mengusung semangat Indonesia baru untuk menggantikan nuansa pemerintahan otoriter yang kental pada jaman orba.


Sejak itu PAN bertujuan menjunjung tinggi dan menegakkan kedaulatan rakyat, keadilan, kemajuan material dan spiritual.


Cita-cita partai juga berakar pada moral agama, kemanusiaan, dan kemajemukan, sedangkan selebihnya PAN menganut prinsip nonsektarian dan nondiskriminatif.


Titik sentral dialog yang digadang-gadang partai ini adalah keadilan dalam mengelola sumber daya sehingga rakyat seluruh Indonesia dapat benar-benar merasakan sebagai warga bangsa.


Partai ini memiliki azas "Ahlak Politik Berlandaskan Agama yang Membawa Rahmat bagi Sekalian Alam”. Dengan azas itu PAN menjadikan agama sebagai landasan moral dan


etika berbangsa dan bernegara yang menghargai harkat dan martabat manusia serta kemajemukan dalam memperjuangkan kedaulatan rakyat, keadilan sosial, dan kehidupan bangsa yang lebih baik untuk mewujudkan Indonesia sebagai bangsa yang makmur, maju, mandiri dan bermartabat.


Seiring perjalanannya mengarungi dunia politik tanah air sejak 1998, melalui kongres PAN III di Batam, 8-10 Januari 2010, Ir. M. Hatta Rajasa terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum DPP PAN dan Prof. DR. M. Amien Rais, MA sebagai Ketua MPP DPP PAN untuk periode 2010-2015.


Susunan Pengurus

Ketua Umum: Hatta Rajasa

Sekjen: Taufik Kurniawan

Bendahara Umum: Jon Erizal


Alamat: DPP Partai Amanat Nasional Rumah PAN Jl. TB. Simatupang No. 88, Pasar Minggu - Jakarta Selatan 12520 - Indonesia

Telp : 021- 7975588

Fax : 021- 7975632


Perolehan suara pemilu 2009: 6.254.580 suara atau 6,01 persen dari seluruh total suara.


(*)







Source http://ift.tt/1dkETjr

No comments:

Post a Comment

SLAWI.net | Powered by Blogger