Biografi Singkat Prof Suhardi, Ketua Umum Gerindra



Prof. Suhardi

Prof. Suhardi



Ketua Umum Gerindra, Suhardi, merupakan seorang intelektual dan praktisi kehutanan Indonesia.


Guru besar Fakultas Kehutanan UGM ini dikenal dengan julukan Profesor Telo (ketela) dan Pejuang Kedaulatan Pangan karena tak bosan mengkampanyekan bahan pangan lokal.


Selesai meraih gelar doktor pada 1987, Prof. Suhardi mendeklarasikan “Sumpah Gandum.” Sumpah ini merupakan sebuah ikrar tidak memakan gandum dan produk turunannya, hingga masyarakat Indonesia sejahtera, tak bergantung pada gandum.


“Bahkan saat menjabat Dirjen Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial Dephut pada 2001, Prof. Suhardi mengarahkan jajaran di bawahnya agar membudayakan makan makanan lokal, seperti ketela dan umbi-umbian,” kenang Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon, beberapa saat lalu (Jumat, 28/8).


Hari ini, Pukul 21.44 WIB di RSPP, Jakarta, Suhardi berpulang ke sisi Allah SWT. Jenazah akan disemayamkan di Rumah Duka DPP Partai Gerindra, Ragunan.


“Prof Suhardi yang sederhana dalam kehidupan, menolak mematenkan karya ilmiahnya, dengan alasan saat sekolah ia dibiayai uang rakyat,” ungkap Fadli.


Suhardi menulis buku “Mandiri Pangan Sejahterakan Rakyat”, tentang bagaimana seharusnya Indonesia mengelola sumber pangan. Di akhir 2011, buku tersebut dibagikan secara gratis ke masyarakat dalam program “Gerakan Sejuta Buku Untuk Indonesia”.


“Selamat jalan Prof. Suhardi, semua budi “Selamat jalan Prof. Suhardi, semua budi luhur dan keteladananmu telah menjadi insprasi bagi kami semua,” demikian Fadli Zon. [ysa]













from biografi - Penelusuran Blog Google http://ift.tt/1q0qnUB

via IFTTT

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra