Menulis Biografi bProfil Tokoh/b Pesantren Al-Khoirot Malang

Tips dan langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam menulis biografi atau profil tokoh, selebritis, artis, aktor, ulama, ustadz, kyai, tokoh politik, tokoh masyarakat, dll.DAFTAR ISI

  1. Pengertian Biografi
  2. Memilih Tokoh
  3. Pertanyaan yang Diajukan
  4. Contoh Biografi Diri Sendiri

PENGERTIAN BIOGRAFI

Biografi dapat berupa profil singkat seseorang atau detail dan panjang sampai berbentuk buku. Ini terutama biografi seorang tokoh terkenal, negarawan, olahragawan, politisi, ulama, dll.

Biografi, secara sederhana dapat dikatakan sebagai sebuah kisah riwayat hidup seseorang. Biografi dapat berbentuk beberapa baris kalimat saja, namun juga dapat berupa lebih dari satu buku.

Perbedaannya adalah, biografi singkat hanya memaparkan tentang fakta-fakta dari kehidupan seseorang dan peran pentingnya sementara biografi yang panjang meliputi, tentunya, informasi-informasi penting namun dikisahkan dengan lebih mendetail dan tentunya dituliskan dengan gaya bercerita yang baik.

MEMILIH TOKOH

1. Pilih seseorang yang menarik perhatian Anda2. Temukan fakta-fakta utama mengenai kehidupan orang tersebut.3. Mulailah dengan ensiklopedia dan catatan waktu.4. Pikirkan, apa lagi yang perlu Anda ketahui mengenai orang itu, bagian mana dari 5. hidupnya yang ingin lebih banyak Anda tuliskan.

PERTANYAAN YANG DIAJUKAN

Beberapa pertanyaan yang mungkin dapat dijadikan pertimbangan misalnya:

1. Apa yang membuat orang ini istimewa atau menarik?2. Dampak apa yang telah ia lakukan bagi dunia atau orang lain?3. Kata sifat apa yang mungkin akan sering Anda gunakan untuk menggambarkan orang ini?4. Contoh apa yang dapat dilihat dari hidupnya yang menggambarkan sifat tersebut?5. Kejadian apa yang membentuk atau mengubah kehidupan orang itu?6. Apakah ia mampu mengatasi rintangan tersebut? Apakah ia mengatasinya dengan mengambil resiko? Atau dengan keberuntungan?7. Apakah dunia akan menjadi lebih baik atau lebih buruk jika orang ini tidak pernah hidup? Bagaimana bisa dan mengapa?8. Lakukan juga penelitian lebih lanjut dengan bahan-bahan dari perpustakaan atau internet untuk membantu Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas serta supaya cerita Anda lebih menarik.

CONTOH BIOGRAFI DIRI SENDIRI

Kalau Anda seseorang yang "biasa-biasa" saja, maka autobiografinya cukuplah yang pendek dan singkat seperti di bawah. Kalau sudah tenar nantinya, baru menulis biografi yang setebal buku.

Nama saya Maria biasa dipanggil dengan sebutan Mari, tapi ada juga yang suka memanggil dengan sebutan Mar. Saya berjenis kelamin perempuan dan lahir pada tanggal 9 Januari 1993 dan saya anak ke satu dari dua bersaudara dari sebuah kelurga yang dikepala keluargai oleh bapak Subagio dan ibu Solihah. Dan kami tinggal disebuah tempat yang berada di daerah Malang Tepatnya di Desa Sukosari, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang Jawa Timur bersebelahan dengan lokasi Masjid Sukosari yang terkenal dengan skandal mobil goyangnya itu.

Sekolah dasar saya yaitu di SDN Karangsuko 1 lulusan tahun 2004, SMP saya di SMP 1 Sukerojo lulusan tahun 2007, SMA saya yaitu di MA Al-Khoirot Karangsuko Malang lulusan tahun 2010. Hobi saya membaca, walupun saya tidak gemar untuk menulis tapi saya suka membaca hasil karya-karya orang lain terutama cerpen atau novel. Untuk kebiasaan saya yang lain yaitu makan makanan cemilan karena rasanya itu enak banget dan kalau sudah sekali makan pasti ketagihan.

Sejak saya kecil saya ingin menjadi seorang guru kalau bisa saya ingin menjadi seorang dosen karna kalau sebagai guru itu kita sebagai perempuan bisa mengerjakan pekerjaan kita yang lain karna tidak sesibuk sebagai pegawai di kantoran terutama jikalau kita sudah nikah nanti.

Like this:

Suka Memuat...

Sumber : alkhoirot.wordpress.com

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra