Tujuan Mengenali Profil Nasabah Bank - Know Your Customer ...

http://ifttt.com/images/no_image_card.png


Nasabah memang merupakan asset yang sangat penting dalam lembaga keuangan atau bank. meskipun demikian, ada beberapa hal yang benar-benar harus diperhatikan pada setiap nasabah atau calon nasabah sehingga tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di kemudian hari.


Bukan tanpa alasan pihak bank memperhatikan profil nasabah, karena bagaimanapun juga hal ini merupakan bagian yang sangat penting sebagai dokumentasi bank dan siap jika dibutuhkan sewaktu-waktu.


Jika Anda ingin mendapatkan materi training dan presentasi yang bagus tentang strategi pemasaran bank, silakan KLIK DISINI.


Meskipun hal ini tampaknya sepele, tapi kenyataanya mengenali profil nasabah merupakan bagian penting untuk berbagai hal di dalam dunia perbankan.


Itulah sebabnya ketika anda ingin medaftar menjadi nasabah baru, biasanya anda akan diminta untuk mengisi formulir.


Jika anda mengisi formulir tersebut dengan lengkap, maka profilanda telah dikenali oleh pihak bank. Biasanya mereka memasukkan semua data nasabah melalui komputer yang akan dilaporkan ke kantor bank pusat masing-masing.


Tujuan mengenali profil nasabah

a. Sebagai data dokumentasi nasabah di bank

Bank juga membutuhkan data-data dari nasabah sebagai dokumentasi untuk berbagai keperluan. Data-data nasabah yang masuk nantinya juga digunakan untuk mengetahui jumlah nasabah yang masuk setiap harinya / setiap bulannya/ setiap tahunnya.


b. Sebagai data identitas pribadi di buku nasabah

Ketika anda menabung di bank, maka pastinya anda akan mendapatkan buku kecil yang biasanya digunakan untuk melaporkan saldo, kredit, debit, dan lain-lain.


Jika Anda ingin mendapatkan materi training dan presentasi yang bagus tentang strategi pemasaran bank, silakan KLIK DISINI.


c. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan

Bank seringkali menjadi lahan kejahatan bagi orang-orang yang tdiak bertanggung jawab. Jadi, melalui data yang telah masuk, maka pihak yang berwenang bisa melakukan penyelidikan melalui data-data yang telah masuk tadi.


d. Membantu proses analisa kredit

Selain tempat untuk menyimpan uang, bank juga merupakan tempat untuk meminjam uang atau disebut dengan kredit. Salah satu langkah yang harus dilakukan sebelum mengabulkan permohonan kredit, maka tahap analisa ini harus dilakukan. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kemacetan pembayaran kredit yang bisa menyebabkan berkurangnya modal bank.


e. Memudahkan pendataan nasabah

Bank atau lembaga keuangan harus mempunyai data nasabah karena hal ini sangat penting untuk memudahkan pendataan.


Selain itu data nasabah ini memang diperlukan untuk berbagai hal sehingga setiap nasabah diwajibkan untuk mengisi setiap formulir dengan lengkap, jelas, dan sebenar-benarnya. Dengan data nasabah yang lengkap, maka pastinya proses pendataan juga akan semakin mudah.


Bagaimanapun juga mengenali profil nasabah atau know your customer merupakan hal yang sangat penting dan bahkan dokumentasinya harus benar-benar tersimpan dengan baik. Bahkan pihak bank harus lebih meneliti setiap nasabah yang masuk terutama jika mereka menghendaki untuk mengajukan kredit. Banyak kasus yang terjadi di bank adalah adanya non performing loan atau kredit macet. Itulah sebabnya pihak bank harus lebih teliti sebelum mengabulkan permohonan kredit.


Profil itu sendiri berisi tentang identitas seseorang yang juga menjelaskan kondisi seseorang. Melalui profil inilah, pihak bank bisa mengetahi tentang berbagai hal mengenai si nasabah itu sendiri.


Beberapa hal yang dimaksud diantaranya adalah data tentang pekerjaan, data pribadi, data keluarga dan lain sebagainya. Melalui formulir yang diisi dengan lengkap, biasanya pihak bank akan bisa melakukan identifikasi terhadap kondisi nasabah dengan lebih mudah.


Hal inilah yang merupakan salah satu dari tujuan mengetahui profil nasabah sehingga tidak eprlu dipertanyakan lagi banwa profil memang mempunyai peran sangat penting.


Jadi, jika anda berminat untuk mendaftar terlebih dahulu untuk menikmati berbagai layanan perbankan khususnya, maka jangan lupa anda menyiapkan terlebih dahulu mengenai berbagai informasi yang berkaitan dengan profil anda.


Jika Anda ingin mendapatkan materi training dan presentasi yang bagus tentang strategi pemasaran bank, silakan KLIK DISINI.







Source http://rajapresentasi.com/2013/10/tujuan-mengenali-profil-nasabah-bank-know-your-customer/

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra