Biografi George Eastman - Penemu Kamera Kodak

Biografi George Eastman (1854-1932) - George Eastman adalah ahli pengusaha industry, filantrop (dermawan ), warga negara Amerika Serikat, penemu kamera Kodak (1889), film fleksibel (1884), mesin untuk menyapukan gelatin pada kaca dan pelat (1879), alat gulung film (1884), pendiri Eastman Kodak Company (1892). Ia adalah orang pertama di dunia yang menemukan sistem pemasaran secara besar-besaran; mencari pasar di luar negeri, pengiklanan yang luas, pemasaran yang terorganisir, menyelengarakan riset industri dengan biaya besar. Ia juga orang pertama di dunia yang menemukan sitem kesejahteraan karyawan; pelayanan kesehatan, rencana pension dan pembagian keuntungan bagi karyawan sebagai insentif.

Biografi Lengkap Penemu Kamera Kodak, George Eastman
Eastman lahir di Waterville, New York, pada tanggal 12 Juli 1854 dan meninggal  di Rochester pada tanggal 14 Maret 1932 pada umur 78 tahun.  Ayahnya kepala seholah dagang dan meninggal waktu Eastman berumur 8 tahun. Maka ia terpaksa putus sekolah dan mencari nafkah sendiri. Pada umur 9 tahun bakat pengusahanya sudah tampak menonjol. Ia sangat pandai mencari uang. Penghasilannya $ 131 satu tahun. Itu jumlah yang cukup besar bagi anak seumurnya, bila diingat bahwa nilai dolar pada masa itu masih tinggi. Dalam beberapa tahun ini ia dapat menabung sebanyak $ 500

Pada tahun 1874 pada umur 20 tahun ia bekerja pada sebuah bank sebagai penata buku. Sebagian gajinya untuk menghidupi ibunya dan untuk membiayai hobinya, ialah memotret. Hobi memotret ini menyebabkan ia berpikir terus-menerus untuk menciptakan sistem memproses yang sederhana. Pada tahun 1879 ia menyempurnakan mesin untuk melumaskan gelatin pada kaca dan ia berhasil membuat pelat foto yang kering. Tahun berikutnya (1880) bersama Henry A Strong ia mendirikan pabrik pelat foto. Perusahaan itu mendatangkan keuntungan. Tapi keuntungan ini tidak akan bertambah besar jika proses memotret masih cukup sulit bagi kebanyakan orang. Pada tahun 1884 ia mendirikan Eastman Dry Plate and Film Company yang memproduksi film tembus cahaya dan alat gulung film yang praktis. Lima tahun kemudian (1889) ia membuat kamera ringan yang mudah di pakai oleh orang biasa. Kamera iti ia beri nama Kodak dan harganya $25. Ia mengiklankannya secara besar-besaran. Dalam waktu dua tahun ia dapat menjual 100.000 kamera, satu prestasi yang tak terungguli oleh perusahaan kamera lain pada waktu itu.

Pada tahun 1892, George Eastman mereorganisasi perusahaannya dengan nama Eastman Kodak Company. Kemudian ia membuat kamera (1900) untuk anak-anak dengan harga $1. Kamera itu bernama Brownie. Dua puluh tahun kemudian (1927), Eastman berhasil menguasai pasaran kamera di seluruh Amerika Serikat. Perusahaannya berkembang terus-menerus dan sekarang jadi salah satu perusahaan fotografi terbesar di dunia. Jumlah karyawannya mencapai 127.000 orang. Perusahaan itu tidak hanya memproduksi kamera, tapi juga kertas, film, bahan-bahan kimia, fiber, plastik, suku cadang kamera, barang-barang dan peralatan optik.

Eastman jadi jutawan tapi hartanya tidak ia nikmati sendiri. Ia menyumbangkan separuh dari keuntungan untuk kepentingan pendidikan dan untuk memberi insentif bagi karyawan-karyawan yang produktif dan keratif. Pada tahun 1887 ia menyumbangkan $50 kepada Institut Mesin yang sekarang bernama Rochester Institut of Technology. Ia juga menyumbangkan uang (1927) sebanyak $75.000.000 kepada Institut Teknologi Massachusetts, Universitas Rochester, Institut Hampton, Institut Tuskegee, dan sekolah Musik Eastman yang merupakan bagian Universitas Rochester. Sekolah Musik itu jadi tempat pendidikan musik yang terkenal di Amerika Serikat.

Menjelang akhir hidupnya Eastman terserang penyakit. Penyakit itu tak kunjung sembuh. Karena tak tahan akan penderitaannya, pada umur 78 tahun George Eastman bunuh diri.

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra