Buku Biografi Mahfud MD Diluncurkan - Kompas.com

http://assets.kompas.com/data/photo/2013/06/16/0349595-presiden-china-sama-dengan-winnie-the-pooh-t.jpg


JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah tokoh nasional hadir dalam peluncuran buku biografi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Senin (4/3/2013), di Gedung MK. Para tokoh tersebut antara lain Ketua MPR Taufiq Kiemas, istri Gus Dur (alm) Shinta Nuriyah, Ketua DPD Irman Gusman, Ketua BPK Hadi Poernomo, anggota BPK Ali Masykur Musa, budayawan Emha Ainun Nadjib, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali, Ketua Komisi Yudisial Erman Suparman. Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, yang juga diundang, tidak hadir.


Buku berjudul Terus Mengalir itu ditulis oleh wartawan senior Rita Triana Budiarti. Dalam acara peluncuran buku ini juga digelar diskusi mengupas buku tersebut. Narasumber adalah Wakil Ketua DPR Pramono Anung Wibowo, Laica Marzuki, Emha Ainun, dan Hikmahanto Juwana.


Buku yang mengupas perjalanan hidup Mahfud ini disiapkan lebih kurang selama lima bulan. Buku ini berasal dari wawancara intensif dengan Mahfud dan setumpuk kliping berita tentang kiprah Mahfud sejak masih menjadi akademisi yang kritis, menteri pertahanan, anggota DPR, hingga menjabat sebagai ketua MK.


Jika mengacu pada trias politica yang dicetuskan John Locke, Mahfud merupakan sosok yang lengkap, yang pernah mengisi semua posisi dalam cabang-cabang kekuasaan. Di cabang eksekutif, ia pernah menjadi menteri pertahanan. Di cabang legislatif, ia pernah menjadi anggota DPR. Kemudian di cabang yudikatif, ia menjadi ketua MK.


Melawan ketidakadilan adalah benang merah perjalanan hidup yang terangkum juga dalam buku ini. Semenjak kecil, ia sudah menyimpan "luka" politik ketika ayahnya ditahan gara-gara memilih Nahdlatul Ulama (NU) dalam pemilu. Pilihannya pada dunia hukum pun didasari harapan agar hukum bisa menciptakan keadilan.


Tak banyak yang tahu, sosok pendobrak ini sebenarnya adalah seorang pemalu. Terlahir dari kultur NU dan tumbuh di lingkungan Muhammadiyah membentuknya menjadi sosok yang unik dan komplet.


Editor : Nasru Alam Aziz










Source http://nasional.kompas.com/read/2013/03/04/13192528/twitter.com

Comments

Popular posts from this blog

Zackia Arfan Presenter Cantik MetroTV

Daftar Contact Artis 2014