Biografi Leonhard Euler - Bapak Analisis Matematika Modern

Biografi Leonhard Euler (1707-1783) - Leonhard Euler adalah ahli matematika Swiss. Ia adalah ahli matematika terbesar didunia, bapak analisis matematika modern, mengarang 866  buku dan artikel, penemu banyak konsep, teknik dan notasi matematika. Antara lain ia menemukan lambing-lambang ini; f(x) untuk fungsi x, e untuk bilangan dasar logaritma naturalis, I untuk satuan bilangan khayal, untuk jumlah, a b c untuk segitiga, s untuk setengah keliling segitiga. Pada tahun 1747 Euler menemukan 30 pasang bilangan bersahabat yang kemudian diperluas jadi 60 pasang.

Biografi Lengkap Bapak Analisis Matematika Modern, Leonhard Euler
Euler menyumbangkan gagasan-gagasan baru dibidang kalkulus, geometri, aljabar, teori bilangan dan probabilitas. Ia menulis tentang bidang-bidang matematika terapan seperti akustika, optika, statistika, mekanika, astonomi, artileri, navigasi, akuntansi.Ia menemukan persamaan Euler, diagram Euler,pormula  polyhedral Euler dan tolologi.Ia mengintekrasikan kalkulus diferensial Leibniz dan metode fluksi Newton ke dalam analisis matematika. Ia menyempurnakan nosi fungsi. Ia meletakkan dasar teori fungsi khusus, sabil memperkenalkan fungsi transcendental gamma dan beta.

Ia mengembangkan kalkulus variasi dan meletakkan dasar mekanika analitik. Ia juga membuat teori tentang gerak bulan. Tapi penemuannya yang terbesar adalah hukum resiprositas kuadratik yang merupakan bagian terpenting teori bilangan modern. Hukum ini di temukan pada tahun 1783.

Euler lahir di Basel, Swiss, pada tanggal  15 April 1707 dan meninggal di St, Petersburg, sekarang Leningrad, Uni Soviet, pada tanggal 18 September 1783 pada umur 78 tahun. Ayahnya pendeta dan mengharapkan Euler jadi pendeta juga. Oleh karena itu, Euler disuruh kuliah di Universitas Basel supaya jadi pendeta. Tapi ia tidak suka belajar teologi dan Alkitab. Maka kuliah yang paling disukainya adalah geometri. Dengan dukungan Jean Bernoulli ia pindah ke jurusan matematika. Pada umur 20 tahun ia pindah ke Akademi Ilmu Pengetahuan di St, Petersburg, Rusia. Pada umur 23 tahun ia di angkat jadi guru besar fisika, dan pada umur 26 tahun ia jadi guru besar matematika. Ia giat sekali belajar, berpikir, dan mengarang, hingga pada umur 28 tahun matanya buta sebelah dan pada umur 59 tahun  kedua belah matanya buta.

Euler kawin pada umur 26 tahun. Ia pernah mendapat kesulitan memperoleh pekerjaan. Ia pindah ke Rusia karena lamarannya di Universits Basel, Swiss, ditolak. Ia lalu mendapat pekerjaan di Angkatan Laut Rusia sebagai letnan kasehatan. Ia jadi terkenal karena karangan-karangannya. Ia adalah ahli matematika yang paling produktif di dunia. Ketika kedau matanya buta, ia tetap mengarang dengan jalan mendiktekan hasil pemikirannya kepada orang lain. Sesudah ia meninggal hasil karyanya bertumpuk-tumpuk dan di muat di majalah ilmiah secara bersambung selama 50 tahun.

Comments

Popular posts from this blog

Zackia Arfan Presenter Cantik MetroTV

Daftar Contact Artis 2014